Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.759Keywords:
Think Pair Share, Permainan Puzzle, Berpikir KritisAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Kecandran 01 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dengan jumlah siswa 34 yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan instrumen pengumpulan data soal Matematika uraian, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Thnk Pair Share (TPS) dengan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematika siswa dapat di lihat bahwa hasil nilai kemampuan berpikir kritis kategori tinggi mengalami peningkatan dari pra siklus dan siklus I 35,30 %, sedangkan peningkatan dari siklus I dan siklus II mencapai 47,64%, untuk berpikir kritis tingkat sedang juga mengalami peningkatan dari pra siklus dan siklus I sebanyak 2,93%, sedangkan dari siklus I dan siklus II mengalami pengurangan sebanyak 14,7%.
Â
Abstract: Â This study aims to describe the application of Think Pair Share (TPS) learning model with puzzle games to improve critical thinking skills of fourth grade students of SDN Kecandran 01 Salatiga. This type of research is classroom action research. The subjects consisting of 21 male students and 13 female students. This research method uses quantitative and qualitative research methods with instruments of mathematical data collection, description, observation, and documentation. The results shouws that the value of critical thinking skills in the high category have increased from pre-cycle and the first cycle for 35.30 %, while the increase from cycle I and cycle II reached by 47.64%, for critical thinking medium level also increased from pre cycle and cycle I as many as 2.93%, while from cycle I and cycle II experienced reduction of 14.7%.
References
Arends Richard I. (2008).Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Ismunamto, A. (2011). Ensiklopedia Matematika I. Jakarta: PT Lentera Abadi.
Kelana, M. 2014. Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Sidorejo Lor 03Salatiga dalamPemecahan Masalah Matematika pada Materi Pecahan. Repository UKSW, 3.
Khomsoh, R. (2013). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.
National Council of Teachers of Mathematic (NCTM). (2000). Principle and Standards for School Mathematics. United State of America: The National Council of Teachers of Mathematics.
Purba, R. T. (2015). Sebuah Tinjauan Mengenai Stimulus Berpikir Kritis bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 59-64.
Nasikhah, Q., & Sapti, M. (2011). Eksperimentasi Model Pembelajaran TPS(Think Pair Share) terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Se-Kecamatan Purworejo. Jurnal Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran, 6(3), 388-399.
Qomariyah, S. (2017). Hubungan antara Kemampuan Penalaran dengan Komunikasi Matematis Terhadap Pretasi Belajar Matematika.Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 1(1), 49-53.
Rosmaiyadi, R. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Learning Cycle 7eBerdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Aksioma, 6(1), 12-19.
Susanto, M. (2018). Penerapan Metode Permainan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Di Kelas IV SD Negeri Menyosok Kecamatan Praya Timur. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 17-25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).