Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas IV SD

Authors

  • Rosita Nurul Hidayah Universitas Kristen Satya Wacana
  • Bambang Suteng Sulasmono Universitas Kritsen Satya Wacana
  • Eunice Widyanti Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.759

Keywords:

Think Pair Share, Permainan Puzzle, Berpikir Kritis

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Kecandran 01 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dengan jumlah siswa 34 yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan instrumen pengumpulan data soal Matematika uraian, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Thnk Pair Share (TPS) dengan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematika siswa dapat di lihat bahwa hasil nilai kemampuan berpikir kritis kategori tinggi mengalami peningkatan dari pra siklus dan siklus I 35,30 %, sedangkan peningkatan dari siklus I dan siklus II mencapai 47,64%, untuk berpikir kritis tingkat sedang juga mengalami peningkatan dari pra siklus dan siklus I sebanyak 2,93%, sedangkan dari siklus I dan siklus II mengalami pengurangan sebanyak 14,7%.

 

Abstract:  This study aims to describe the application of Think Pair Share (TPS) learning model with puzzle games to improve critical thinking skills of fourth grade students of SDN Kecandran 01 Salatiga. This type of research is classroom action research. The subjects consisting of 21 male students and 13 female students. This research method uses quantitative and qualitative research methods with instruments of mathematical data collection, description, observation, and documentation. The results shouws that the value of critical thinking skills in the high category have increased from pre-cycle and the first cycle for 35.30 %, while the increase from cycle I and cycle II reached by 47.64%, for critical thinking medium level also increased from pre cycle and cycle I as many as 2.93%, while from cycle I and cycle II experienced reduction of 14.7%.

References

Arends Richard I. (2008).Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ismunamto, A. (2011). Ensiklopedia Matematika I. Jakarta: PT Lentera Abadi.

Kelana, M. 2014. Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Sidorejo Lor 03Salatiga dalamPemecahan Masalah Matematika pada Materi Pecahan. Repository UKSW, 3.

Khomsoh, R. (2013). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.

National Council of Teachers of Mathematic (NCTM). (2000). Principle and Standards for School Mathematics. United State of America: The National Council of Teachers of Mathematics.

Purba, R. T. (2015). Sebuah Tinjauan Mengenai Stimulus Berpikir Kritis bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 59-64.

Nasikhah, Q., & Sapti, M. (2011). Eksperimentasi Model Pembelajaran TPS(Think Pair Share) terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Se-Kecamatan Purworejo. Jurnal Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran, 6(3), 388-399.

Qomariyah, S. (2017). Hubungan antara Kemampuan Penalaran dengan Komunikasi Matematis Terhadap Pretasi Belajar Matematika.Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 1(1), 49-53.

Rosmaiyadi, R. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Learning Cycle 7eBerdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Aksioma, 6(1), 12-19.

Susanto, M. (2018). Penerapan Metode Permainan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Di Kelas IV SD Negeri Menyosok Kecamatan Praya Timur. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 17-25.

Downloads

Published

2019-04-01

Issue

Section

Articles