Pengembangan Game Puzzle Sebagai Edugame Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.768Keywords:
Game Puzzle, Edugame Geometri Aljabar AppsGeyserAbstract
Abstrak: Pada aplikasi game puzzle ini berisi materi teori bilangan, aljabar, bangun datar dan bangun ruang. Pada game ini terdapat 15 level dan dibuat dari Appsgeyser. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir melalui minat belajar siswa di SD kelas III, IV, V dan VI. Dampak dari media pembelajaran edugame ini adalah media pembelajaran berpengaruh pada kemampuan berpikir siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah pedoman angket dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil validasi dari ahli media dengan skor rata-rata 73,649% dalam kriteria layak, sedangkan respon dari pengguna rata-rata sebesar 80,335% dalam kreteria menarik.
Abstract: In this puzzle game application contains material in number theory, algebra, wake up flat and build space. In this game there are 15 levels and are made from Appsgeyser. This study aims to increase students' interest in learning at SD class III, IV, V, and VI. The impact of edugame learning media is learning media influencing student learning outcomes. The research instrument used was the questionnaire and observation guidelines. Based on the results of data analysis, the results of validation from media experts were obtained with an average score of 73,649% in eligible criteria, while the response from users on average was 80,335% in the criteria interesting.
References
Agung Titon Saputro, Kriswardari, Ratu Novisita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas VII. Jurnal Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 1-8
Faiq, Ahmad Abror. (2012). Mathematics Adventure Games Berbasis Role Playing Game (RPG) Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Jetis 1. eprints.uny.ac.id
Falahudin, Iwan. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4). 104-117.
Harlinda Riski Putri, Hardjono Nyotu. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Mind Mapping. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 87-101
Husein, Hamdan Batubara.(2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa SD/MI. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.
Kholiqul, Ahmad Amin., dan Mayasari,Novi. (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Ikip PGRI Bojonegoro. Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog. (94), 12-23.
Masykur, R., Nofrizal, Syazali, M. (2017). Pengebangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Marcomedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 178-186
Muliyardi. (2006). Pengenbangan Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Komik Dikelas 1 Sekolah Dasar. Disertasi, UNESA, Surabaya
Purwanti, Ika. (2013). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berplatform Android Untuk Madrasah Baca Tulis Al Quran Al-Fattah Desa Widodaren Kabupaten Ngawi. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA, 2(1), 123-130
Rohana. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Reflektif. Ilmiah Program Studi Matematik STKIP Siliwangi Bandung, 4(1), 105-118
Suhendar, Rizki Putra, Wijayati, Nanik., dan Mahatmanti, Widhi. (2017). Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa . Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2008-2018
Syaharuddin. Mandailina, Vera,. and Septiana, Yunita anwar. (2015). Pengembangan Software Matematika Smp/Mts Berbasis Solutif Menggunakan Borland Delphi. Beta, 8 (2), 183-192.
Syaharuddin. Mandailina, Vera. (2017). Pengembangan Modul Pemrograman Komputer Berbasis Matlab. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 1(1), 01-04
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).