Science Practicum and Mini Edupark School (MES) As Alternatives To Improve Environmental Care Attitude In Philosophy Perspective

Authors

  • Bakhtiar Ardiansyah Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi NTB
  • Muhammad Sarjan Universitas Mataram
  • Aliefman Hakim Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.11273

Keywords:

science practicum, Mini Edupark School (MES), environmental conservation attitudes, . Philosophically.

Abstract

Abstract:  This article aims to describe philosophically related to Science Practicum Activities and Mini Edupark School (MES) facilities which are expected to support future education, especially environmental conservation attitudes. This article uses a qualitative descriptive approach. Philosophically, ontology is obtained an overview related to the nature of the Science Practicum activities and the Mini Edupark School (MES) Facilities. From an epistemological philosophy, we get an overview of the procedures, types of science practicum and how the Mini Edupark School (MES) is implemented in science learning. Philosophically, axiologically, an overview of universal values is obtained from the existence of science practicum activities and the Mini Edupark School (MES), especially towards an attitude of caring for the environment.

Abstrak: : Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan secara filsafat terkait Kegiatan Praktikum IPA dan sarana Mini Edupark School (MES) yang diharapkan dapat mendukung pendidikan masa depan khususnya sikap konservasi lingkungan. Artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Secara Filsafat ontologi diperoleh gambaran terkait hakekat dari kegiatan Praktikum IPA dan Sarana Mini Edupark School (MES). Secara Filsafat epistimologi diperoleh gambaran terkait prosedur, jenis praktikum IPA dan bagaimana Mini Edupark School (MES) itu dilaksanakan dalam pembelajaran IPA. Secara filsafat aksiologi diperoleh gambaran terkait nilai-nilai universal yang diperoleh dari keberadaan kegiatan praktikum IPA dan Mini Edupark School (MES) khususnya mengarah kepada sikap peduli lingkungan

References

Adi Pasah Kahar, R. F. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Sma Berbasis Potensi Lokal, Literasi Lingkungan Dan Sikap Peduli. J. Pedagogi Hayati Vol. 2 No. 2 , 21-32.

Ferry Zulkifli Febrian Afaraby, L. S. (2021). Perancangan Taman Edukasi di Sekolah Harapan Bunda Jimbaran . JURNAL ARSITEKTUR LANSEKAP , 41-52.

Hidayati, R. C. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan Volume. 6, Nomor. 1, 26-37.

Mandagi, A. U. (2017). Perancangan Taman Edukasi Lingkungan Untuk Anak-anak di Situ Cikaret, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Scientific Repository IPB University http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/66082. diakses 19 September 2022.

Muhammad Syaipul Hayat, S. A. (2021). Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Konsep Invertebrata Untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Bioma, 141-152.

N. W. Anggareni, N. P. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume 3) .

Nuning Widya Astuti, B. Y. (2019). Hubungan Praktikum dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem. Jurnal Bioterdidik, Vol.7 No.5, 53-65.

R Shinta, K. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA SMA Islam Sudirman Ambarawa. Unnes Physics Education Journal, 49-53.

Randa Candra, D. H. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA . EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 26-37.

Sihotang, R. (2012). Hubungan Antara Komunikasi Dan Pengambilan Keputusan Dengan Kinerja Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Manajemen PendidikanVolume 3 Nomor 2, 582-596.

Suryanigsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio Volume 2 Nomor 2, 49-57.

Downloads

Published

2022-11-02

Issue

Section

Articles