PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM DALAM PERKULIAHAN KIMIA DASAR SAAT PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.11449Keywords:
Online learning, ICT in learning, Students perseptionAbstract
Abstract: Â The COVID-19 pandemic has had an impact on education policy in Indonesia. Learning is carried out from home (learning from home) replacing the face-to-face process in class. The use of technology is the basis so that online learning can be realized. The Zoom application is one of the technologies widely used in lectures during the Covid-19 pandemic. This type of research is quantitative descriptive which aims to describe student perceptions of the use of the zoom application in Basic Chemistry lectures during the covid-19 pandemic. The sample of this study was the first-level students of the Faculty of Engineering and Planning, Ekasakti University in the Basic Chemistry lectures in the odd semester 2020/2021 totaling 80 people who were selected using a simple random sampling technique. The data collection technique used a non-test technique in the form of a questionnaire. Based on the results of the study, it was found that students who gave a positive response to the use of the Zoom application were more than those who gave a negative response. Overall, the average percentage of students who gave a positive response was 67% in the sufficient category, while the average percentage of students who gave a negative response was 33% in the very poor category. This shows that the use of the Zoom application in Basic Chemistry lectures is able to support lecture activities. The use of the Zoom application helps students be more motivated to attend lectures during the COVID-19 pandemic.
Abstrak: Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada kebijakan bidang pendidikan di Indonesia. Pembelajaran dilaksanakan dari rumah (learning from home) menggantikan proses tatap muka di kelas. Penggunaan teknologi menjadi sandaran agar pembelajaran secara daring dapat direalisasi. Aplikasi Zoom merupakan salah satu teknologi yang banyak digunakan dalam perkuliahan saat pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini deksriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi zoom dalam perkuliahan Kimia Dasar saat pandemi covid-19. Sampel penelitian ini mahasiswa tingkat I Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti dalam perkuliahan Kimia Dasar semester ganjil 2020/2021 berjumlah 80 orang yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data digunakan teknik non tes berupa kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa mahasiswa yang memberikan respon positif terhadap penggunaan aplikasi Zoom lebih banyak daripada yang memberikan respon negatif. Secara keseluruhan rata-rata persentase mahasiswa yang memberikan respon positif sebesar 67% dengan kategori cukup, sedangkan rata-rata persentase mahasiswa yang memberikan respon negatif sebesar 33% dengan kategori kurang sekali. Hal ini menunjukan penggunaan aplikasi Zoom dalam perkuliahan Kimia Dasar mampu menunjang kegiatan perkuliahan. Penggunaan aplikasi Zoom membantu mahasiswa lebih termotivasi mengikuti perkuliahan saat pandemi COVID-19
References
Axmedova, T. B., & Kenjayeva, N. D. (2021). Advantages And Disadvantages of Online Learning. Eurasian Journal of Humanities and Social Sciences, 3, 48–50.
Bali, S., & Liu, M. c. (2018). Students ’ Perceptions Toward Online Learning and Face-to-Face Learning Courses. IOP Conference Series: Journal of Physics, 1–7.
Castro, C., & Andrade, A. (2011). Teaching Chemistry in a Social Learning Environment: Facing Drivers and Barriers. Proceeding of ICERI, (November), 3377–3385.
Chairunnisa, C. (2017). Islam, Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Terintegrasi Islami Kemuhammadiyahan dan Penghayatan Terhadap Nilai Agama. Faktor Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(1), 9–22.
Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2019). Tinjauan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Teknik Dalam Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 196–204.
Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2021). Deskripsi Keterampilan Dasar Laboratorium Mahasiswa Teknik Pada Praktikum Kimia Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, x(2017), 30–37.
Eliyarti, E., Rahayu, C., & Zakirman, Z. (2020a). Deskripsi Pengetahuan Awal Alat Praktikum Materi Koloid Dalam Perkuliahan Kimia Dasar Mahasiswa Teknik. Dalton; Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(1), 14–25.
Eliyarti, E., Rahayu, C., & Zakirman, Z. (2020b). Penerapan Bahan Ajar Fisika Dengan Variasi Bentuk Tugas Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 82–90.
Eliyarti, E., Rahayu, C., & Zakirman, Z. (2020c). Tinjauan Kontribusi Google Classroom Dalam Mendukung Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 32–39.
Faika, S., & Side, S. (2011). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Neegeri Makassar. Jurnal Chemica, 12(2), 18–26.
Habibi, A., Mukminin, A., Riyanto, Y., Prasojo, L. D., Sulistiyo, U., Sofwan, M., & Saudagar, F. (2018). Building An Online Community: Student Teachers’ Perceptions on The Advantages of Using Social Networking Services in a Teacher Education Program. Turkish Online Journal of Distance Education, 19(January), 46–61.
Harandi, S. R. (2015). Effects of E-learning on Students ’ Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 181, 423–430. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.905
Harefa, N. (2021). Tren Minat Belajar Kimia Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Seminar Nasional IPA XI, Inovasi Pembeajaran IPA Yang Berwawasan Lingkungan Di Masa Pandemi, 86–94.
Hasriani, G., & Raddhiyani, F. (2019). Perspektif Mahasiswa terhadap Teknik Pembelajaran pada Mata Kuliah Speaking. Seminar Nasional, (April).
Hiranrithikorn, P. (2019). Advantages and Disadvantages of Online Learning. International Academic Multidisiplines Research Conference in Berlin, 14–17.
Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264–270.
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665–675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671
Lubis, N. F., Siregar, E. J., & Batubara, S. I. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Kimia Dasar di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Tahun Akademik 2020/2021. Jurnal Education and Development, 9(3), 394–399.
Mentari, L., Suardana, I. N., & Wayan, I. S. (2014). Analisis Miskonsepsi Siswa Sma Pada Pembelajaran Kimia Untuk Materi Larutan Penyangga. Journal Kimia Visvitalis Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Kimia, 2, 76–87.
Moise, D., Diaconu, A., Diana, M., Negescu, O., & Gombos, C. C. (2021). Online Education During Pandemic Times : Advantages and Disadvantages. European Journal of Sustainable Development, 10(4), 63–71. https://doi.org/10.14207/ejsd.2021.v10n4p63
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio; Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640.
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Clasroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. PROXIMAL: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.
Oktaviani, H. I. (2021). Persepsi Mahasiswa Dalam Pemilihan Media dan Metode Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 8(5), 167–177. https://doi.org/10.17977/um031v8i22021p167
Pramiudi, U., & Setiawan, B. (2018). Penelusuran Persepsi Mahasiswa Atas Program Studi Akuntansi dan Minat Studi Lanjut. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 2(2), 103–113.
Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Rosda.
Rahayu, C., & Eliyarti, E. (2019). Implementation of Physics Learning Materials Based Generative Learning With Open-Ended Problem Approach To Stimulate Critical Thinking Skills. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 4(2), 99. https://doi.org/10.26737/jipf.v4i2.1096
Rahayu, C., Eliyarti, E., & Festiyed, F. (2019). Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Generative Learning dengan Pendekatan Open-ended Problem. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(3), 164–176. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i3.6139
Rahman, L., Silaban, R., & Nurfajriani, N. (2021). Analisis Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Pada Pembelajaran Kimia Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Kimia 2021,Jurusan Kimia FMIPA UNMUL, (2), 99–102.
Rahmawati, R., & Putri, E. M. (2020). Learning From Home Dalam Perspektif Persepsi Mahasiswa Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 17–24.
Saraswati, N. L. A., & Mertayasa, I. N. E. (2020). Pembelajaran Praktikum Kimia Pada Masa Pandemi COVID-19: Qualitative Content Analysis Kecenderungan Pemanfaatan Teknologi Daring. Wahana Matematika Dam Sains; Jurnal Matematika, Sains Dan Pembelajarannya, 14(2), 144–161.
Vegatama, M. R., & Amiruddin, A. (2021). Pengaruh Platform Zoom Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Kimia Migas Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(3), 369–374.
Zakirman, Z., Lufri, L., Khairani, K., & Rahayu, C. (2020). Implementation of The Play-Think-Pair-Share (PTPS) Learning Model for Elementary School Students to Master Part of Top Skill 2020. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 4643–4648.