Kendala Pendidik Matematika dalam Melaksanakan Pembelajaran Online Dimasa Pandemi COVID-19 di Papua Barat
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.11655Keywords:
Kendala Pendidik Matematika, Kendala Pembelajaran Online, Pembelajaran online di Papua BaratAbstract
Abstract: Â The purpose of this study is to find out what are the obstacles for mathematics educators in implementing distance learning during the COVID-19 pandemic. The method used in this study is a qualitative method using descriptive techniques. The research subjects in this study were mathematics educators at YAPIS Manokwari High School. Based on the results of the interview, the results of this study indicate that there are several obstacles in the implementation of distance learning. Constraints experienced in learning include human constraints where teachers are still not optimally using the applications used for the learning process. Some teachers are not proficient in using applications as a medium for learning.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kendala pendidik matematika dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah pendidik matematika di SMA YAPIS Manokwari. Berdasarkan hasil wawancara, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Kendala yang dialami dalam pembelajaran meliputi kendala manusiawi dimana guru masih belum secara maksimal menggunakan aplikasi yang digunakan untuk proses pembelajaran. Ada beberapa guru yang belum mahir dalam penggunaan aplikasi sebagai media untuk pembelajaran.    Â
References
Belawati, T. (1998). Increasing student persistence in indonesian post-secondary distance education. Distance Education, 19(1), 81–108. https://doi.org/10.1080/0158791980190107
Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., Ani, N. A., & Saputri, W. (2022). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607–3613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1342
Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar NASIONAL Statistik, 1–14. http://semnas.statistics.unpad.ac.id/wp-content/uploads/erf_uploads/2021/11/Learning-Loss-Akibat-Pembelajaran-Jarak-Jauh-Selama-Pandemi-Covid-19-di-Indonesia.pdf
Chick, R. C., Clifton, G. T., Peace, K. M., Propper, B. W., Hale, D. F., Alseidi, A. A., & Vreeland, T. J. (2020). Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic. Journal of Surgical Education, 77(4), 729–732. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.03.018
Haser, Ç., Doğan, O., & Kurt Erhan, G. (2022). Tracing students’ mathematics learning loss during school closures in teachers’ self-reported practices. International Journal of Educational Development, 88(November 2021), 0–2. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102536
Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23–35. https://doi.org/10.30651/didaktis.v17i1.1555
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third). SAGE Publications, Inc.
Nay, F. A., Nay, Y. A., Maure, O. P., & Talan, R. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika dalam Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Seminar Nasional Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2777-0842, 352–362. http://e-conf.usd.ac.id/index.php/fkip/2021
Nurmukhametov, N., Temirova, A., & Bekzhanova, T. (2015). The Problems of Development of Distance Education in Kazakhstan. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 182, 15–19. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.729
Paling, S., & Sitorus, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Papua. Jurnal Education and Development, 9(1), 64-7q. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2459
Pandiangan, P. (2012). Aktivitas Mahasiswa dalam Tutorial Online Mata Kuliah Manajemen Strategi dan Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 13(1), 43–51. https://doi.org/10.33830/ptjj.v13i1.2012
Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar, 122–125. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/8256/4767+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id
Semradova, I., & Hubackova, S. (2016). Teacher Responsibility in Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 544–550. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.042
Susilo, M. J. (2022). Analisis faktor-faktor penyebab learning loss. In Mitigasi dan Pencegahan LEarning Loss Pendidikan di Indonesia (Issue May). CV. Media Sains Indonesia.
Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena Learning Loss sebagai Dampak Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. BEST JOURNAL (Biology Education Science & Technology), 5(1), 318–323. https://doi.org/10.30743/best.v5i1.5144
Yudiawan, A., Sunarso, B., Suharmoko, Sari, F., & Ahmadi. (2021). Successful online learning factors in covid-19 era: Study of islamic higher education in west papua, indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 193–201. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.21036
Zakaria, P., Kaluku, A., & Rontos, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika dalam Menerapkan Proses Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning). Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10003