Analisis Faktor Internal-Eksternal Pengembangan Tanaman Hias di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus UD. Yuka Garden Kota Mataram)
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.11941Keywords:
Faktor internal-eksternal, Strategi pengembangan, SWOT, Tanaman HiasAbstract
Abstract:  Ornamental plants are a type of horticultural plant that is in great demand after the Covid-19 pandemic. The aims of this research are to; 1) analyze the internal and external factors of UD. Yuka Garden; 2) analyze the appropriate development strategy alternatives to be implemented at UD. Yuka Gardens. The research location was conducted at UD. Yuka Garden, Mataram City. The research was conducted from March to June 2022. The data analysis method used to analyze the business development strategy is SWOT analysis. The The results showed that the factors in the internal environment contained in UD Yuka Garden consisted of aspects of strengths and weaknesses. In terms of strength, UD Yuka Garden's most dominant strength is the strategic location of the business and the variety of ornamental plants. The strongest weakness it has is that it does not promote products through online media. While the factors in the external environment consist of opportunities and threats, the most influencing opportunities are the increasing purchasing power of consumers. While the most influencing threat factor is the existence of competitors between ornamental plant sellers. The total value of internal and external factors showed a positive value, so that the ornamental plant business position strategy was in quadrant I. The implication is that the recommended strategy for developing ornamental plant business is an aggressive strategy, namely the S – O (Strenghts-Opportunities) strategy.
Abstrak: Tanaman hias merupakan jenis tanaman hortikultura yang banyak diminati pasca Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal usaha tanaman hias UD. Yuka Garden; 2) menganalisis alternatif strategi pengembangan yang tepat untuk diimplementasikan di UD. Yuka Garden. Lokasi penelitian dilakukan di UD. Yuka Garden, Kota Mataram. Penelitian dilakukan dari bulan Maret – Juni 2022. Metode analisis data yang dipakai untuk menganalisis strategi pengembangan usaha adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan faktor di lingkungan internal yang terdapat pada UD Yuka Garden terdiri dari aspek kekuatan dan kelemahan. Dari sisi kekuatan yang paling dominan dimiliki UD Yuka Garden yaitu faktor lokasi usaha yang strategis serta variasi tanaman hias yang beragam. Kelemahan yang paling kuat yang dimiliki yaitu tidak mempromosikan produk melalui media online. Sedangkan faktor di lingkungan eksternal terdiri dari peluang dan ancaman, peluang yang paling mempengaruhi yaitu meningkatnya daya beli konsumen. Sedangkan faktor ancaman yang paling mempengaruhi yaitu adanya pesaing antar penjual tanaman hias. Nilai total faktor internal dan eksternal menunjukkan nilai positif, sehingga strategi posisi usaha tanaman hias terdapat pada kuadran I. Implikasinya adalah strategi yang direkomendasikan untuk pengembangan usaha tanaman hias adalah strategi agresif, yaitu strategi SO (Strengths-Opportunities)
Â
References
Anggito, A ., dan Johan. (2018). Metode Penelitian Kualitatif .Jawa Barat: CV. Jejak.
David, F.R. (2006). Manajemen Strategis Konsep. Dono S, penerjemah. Jakarta (ID): Salemba Empat. Terjemahan dari: Strategic Management. Ed ke-10.
Endah, J. (2007). Membuat Tanaman Hias Rajin Berbunga. Cetakan Pertama. PT AgroMedia Pustaka. Jakarta.
Lakamisi, H. (2010). Prospek agribisnis tanaman hias dalam pot (POTPLANT). Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 3(2), 55-59.
Marlina, N. (2016). Strategi Pemasaran Tanaman Hias Pada Citra Bunga Garden di Jalan Imam Bonjol Desa Seneubok Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat (Doctoral Dissertation, Universitas Teuku Umar Meulaboh).
Megasari, D., Khoiri, S., & Zamroni, A. (2021). Strategi Pemasaran Tanaman Hias pada Masa Pandemi Covid-19 di Mekar Jaya Nursery. In Prosiding Seminar Nasional Penanggulangan Kemiskinan (Vol. 1, No. 1).
Napa, J.A (1989). Manajemen Strategi Suatu Pendekatan Sistem. Penerbit Liberty. Yogyakarta.
Nursan, M., & Septiadi, D. (2020). Penentuan Prioritas Komoditas Unggulan Peternakan di Kabupaten Sumbawa Barat. JIA (Jurnal Ilmiah Agribisnis) : Jurnal Agribisnis Dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, 5(1), 29–34. https://doi.org/10.37149/JIA.v5i1.9789
Nursan, M., & Septiadi, D. (2022). Strategi Pengembangan Perikanan Tangkap di Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Bisnis Tani, 7(2), 54-66.
Putri, D. A. (2015). "Strategi Pemasaran Tanaman Hias di Kota Mataram’(‘Marketing strategies for ornamental plants in Mataram’)." Agrimansion.
Rangkuti, F. (2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Rangkuti, F. (2015) Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Septiadi, D., & Mundiyah, A. I. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Tani Sayuran Berbasis Pertanian Organik. Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh, 5(1), 35-43.
Tanaya, I. G. L. P., Rosmilawati, R., Usman, A., Hidayati, A., & Septiadi, D. (2022). Analisis Tingkat Produksi dan Harga Kompetitif Tanaman Pangan Terhadap Tanaman Hortikultura di Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Prosiding SAINTEK, 4, 71-77.
Tanaya, I. G. L. P., Rosmilawati, R., Hidayati, A., & Septiadi, D. (2021). Analisis Risiko Produksi Spesialisasi Tanaman Hortikultura di Kabupaten Lombok Utara. Prosiding SAINTEK, 3, 315-327.
Wahyudi, S.A, (1996). Manajemen Strategi Pengantar Proses Berpikir Strategi. Binarupa Aksara. Jakarta.
Wulandari, H. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Tanaman Hias Sukulen (Studi: Jl. Adam Malik, Kawasan Glugur By Pass, Kota Medan Sumatera Utara). Skripsi: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.