Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Flip PDF Corporate di SMA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31764/justek.v6i1.13011

Keywords:

e-modul, fisika, kearifan lokal, flip pdf

Abstract

Abstract:  This study aims to develop local wisdom-based physics e-modules assisted by Flip PDF Corporate which are valid, practical and have a potential effect on student learning outcomes. This type of research uses development research (DR) with the Rowntree development model which consists of three stages, namely the planning stage, the development stage and the evaluation stage. The evaluation phase uses Tessmer's formative evaluation (self evaluation, expert review, one to one, small group and field test). The results of expert review data analysis show that the developed physics e-module has a validity percentage of 88% with a very valid category. The one to one stage obtains an average of 90% with a very practical interpretation. The small group stage obtained an average score of 84.6 with a very practical interpretation. Based on the pretest-posttest scores, the students obtained an average N-Gain score of 0.72 in the high category and an average N-Gain percentage of 68.52 in the fairly effective category. So it can be concluded that the physics e-module based on local wisdom assisted by Flip PDF Corporate is valid, practical and has a potential effect on student learning outcomes.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul fisika berbasis kearifan lokal berbantuan Flip PDF Corporate yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Development Research/DR) dengan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer ( self evaluation, expert review, one to one, small group dan fielt test). Hasil analisis data expert review menunjukan bahwa e-modul fisika yang dikembangkan mendapat persentase kevalidan sebesar 88% dengan kategori sangan valid. Tahap one to one memperoleh rata-rata sebesar 90% dengan interprestasi sangat praktis. Tahap small group memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,6 dengan interprestasi sangat praktis. Berdasarkan nilai pretest-postest peserta didik memperoleh rata-rata N-Gain skor sebesar 0,72 dengan kategori tinggi dan rata-rata persentase N-Gain sebesar 68,52 dengan kategori cukup efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa e-modul fisika berbasis kearifan lokal berbantuan Flip PDF Corporate valid, praktis serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.

References

Atmaja, A. T., Murtadho, N., & Akbar, S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal dan Kecakapan Hidup. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(11), 1673. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i11.15104

Dewi, A., Hakim, L., & Lia, L. (2022). Development of Circular Motion E-Module Using Canva in Physics Subjects in High School. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 7(1), 25–31. https://doi.org/10.20414/konstan.v7i01.127

Feriawati, P., & Kusuma, A. P. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. Pengaruh Penggunaan Pasta Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak Dalam Pembuatan Mie Kering, 15(1), 274–282.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Lia, A. W. dan L. (2020). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Kearifan Lokal Palembang Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 37–46. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.4187

Maharani, D., & Kristian, I. (2021). Konservasi Moral Dan Pembentukan Karakter Menuju Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(3), 49–59. http://jurnaldialektika.com/index.php/piani/article/view/16%0Ahttp://jurnaldialektika.com/index.php/piani/article/download/16/17

Mayanty, S., Astra, I. M., & Rustana, C. E. (2018). Pengembangan e-modul fisika berbasis problem based learning ( pbl ) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, 1–13. http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/226

Modul, P., Mata, O. P., Rangkaian, K., Ii, E., Elektro, P. T., Elektro, T., Teknik, F., Surabaya, U. N., Elektro, J. T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2013). Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya Fulca Ugratara Kharisma Putra Nur Kholis. 507–511.

Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Njatrijani, R. (2018). 3580-10649-3-Pb. Gema Keadilan, 5(September), 16–31.

Prawiladilaga, S. (2008). Prinsip Desain Pembelajaran (Intructional Desain Principles).

Rahayu, D. S., Gunawan, Y. A. U., Fitriana, D. A., Sari, Y. A. S., & Ariska, W. S. (2022). Pengembangan Prototipe E-Modul Matematika Berorientasi HOTS pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX. Mathema Journal, 4(1), 39–49. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/1805/790

Ramadhani, D., & Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android Di Program Studi Pendidikan. Jurnal PMIPA, 9 No 1, 99, 99–107. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/23703

Sesmiyanti, S., Antika, R., & Suharni, S. (2019). N-Gain Algorithm for Analysis of Basic Reading. https://doi.org/10.4108/eai.19-7-2019.2289527

Wati, M., Apriani, R., Misbah, M., Miriam, S., & Mahtari, S. (2021). Pengembangan E-Modul Suhu Dan Kalor Bermuatan Kearifan Lokal Melalui Aplikasi Sigil. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 112–121. https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.11107

Yusri, D. R. L., Permana, D., & Arnawa, I. M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2859. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4367

Downloads

Published

2023-03-03

Issue

Section

Articles