Identifikasi Konsep IPA Pada Pemanfaatan Polisi Tidur (Speed Bump) Sebagai Bahan Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v6i2.15506Keywords:
Speed bump Polisi tidur Bahan ajar Pembelajaran IPAAbstract
Abstract:Â The purpose of this study is to theoretically review the science concepts that exist in the process of reducing vehicle speed by speedbump and analyze the correlation of material with science learning. This research is a type of descriptive research with a qualitative approach. Data collection is carried out through secondary data and primary data obtained from direct observations in the field and documentation to be analyzed using descriptive methods where the translation results are in the form of words instead of numbers. The results showed that in the use of speed bump to reduce vehicles applying the concept of a simple plane (inclined plane) where the sloping inclined plane the smaller the force needed, speed bump also applies the concept of speed related to vehicle speed, as well as spring force acting on motor vehicles. By utilizing learning resources in everyday life and applying contextual learning, students will get meaningful learning, namely critical thinking, the process of collecting and analyzing, and the process of interpreting information from various sources and views.
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk meninjau secara teoritis konsep IPA yang ada pada proses pereduksian kecepatan kendaraan oleh speedbump dan menganalisis korelasi materi dengan pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui data sekunder dan data primer yang diperoleh dari pengamatan langsung di lapangan dan dokumentasi yang akan dianalisis menggunakan metode deskriptif dimana hasil terjemahannya berupa kata-kata bukan angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pemanfaatan speed bump untuk mereduksi kendaraan menerapkan konsep pesawat sederhana (bidang miring) dimana semakin landai bidang miringnya semakin kecil gaya yang dibutuhkan, speed bump juga menerapkan konsep kecepatan yang berhubungan dengan laju kendaraan, serta gaya pegas yang bekerja pada kendaraan bermotor. Dengan memanfaatkan sumber belajar di kehidupan sehari-hari dan menerapkan pembelajaran kontekstual, siswa akan mendapat pembelajaran bermakna, yaitu mendapat pemikiran kritis, proses pengumpulan dan penganalisaan, serta proses penafsiran informasi dari berbagai sumber dan pandangan.
References
Ananda, F. (2021). Pengaruh Pemakaian “Speed Bump†Terhadap Perubahan Kecepatan Kendaraan Pada Jalan Beringin Pasar VII Tembung (Studi Kasus). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik [JIMT], 1(3), 1-10.
Astuti, Irnin A. Dwi. (2016). Pengembangan Alat Eksperimen Penentuan Percepatan Gravitasi Bumi Berdasarkan Teori Bidang Miring Berbasis Microcomputer Based Laboratoy (Mbl). Jurnal Faktor Exacta, 9(2), 114-118.
Dwipayana, P. A. Putra, I. W. Redhana, dan Putu P. J. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran Ipa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49-60.
Faat, D. M. 2018. Standar Efektif Penerapan Rubber Speed Bump Terhadap Pelaksanaan Peraturan Kemenhub No. 3 Tahun 1994 Studi Kajian pada Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.
Heo, D., J. Chung, B. Kim, H. Yong, G. Shin, J. W. Cho, D. Kim, & S. Lee. (2020). Triboelectric speed bump as a self-powered automobile warning and velocity sensor. Science Direct, 72(1), 104719.
Ilhami, A., Diniya, Susilawati, C. F. Ramadhan, R. Sugianto. (2021). Analisis Kearifan Lokal Manongkah Kerang Di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau Sebagai Sumber Belajar Ipa Berbasis Etnosains. Jurnal Sosial Budaya, 18(1), 20 – 27.
Kemba, M. Y., Nasar, A., & Ika, Y. E. (2022). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik Berbasis Inkuiri terhadap Hasil Belajar Materi Pencemaran Lingkungan Siswa SMP Kelas VII Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(2), 93–99.
Khairyan, R. (2019). Analisis Spesifikasi dan Efektifitas Polisi Tidur dalam Mereduksi Kecepatan pada Komplek Perumahan. Seminar Nasional. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Laksana, N. A., B. A. Girawan., dan J. S. Pribadi. (2022). Desain dan Analisis Karakteristik Pegas Koil Sistem Suspensi Belakang untuk Kendaraan Ringan Sepeda Motor Listrik. Jurnal Infotekmesin, 13(1), 59-66.
Maritoharahap, H., Siregar, N., & Nasution, N. F. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di Desa Pargarutan Julu. Jurnal Edugenesis, 4(2), 1-6.
Pasaribu, A. G. (2019). Kajian efektifitas polisi tidur (road humps) dalam mereduksi kecepatan lalu lintas Jalan Tuasan dan Jalan Rumah Sakit Haji. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.
Saputra, M. A. (2018). Kajian Efektifitas Polisi Tidur (Road Humps) dalam Mereduksi Kecepatan Lalu Lintas Jalan T. Amir Hamzah dan Jalan Pembangunan. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Setiawan, A., & Chayati, N. (2023). Efektifitas Polisi Tidur (Road Humps) dalam Mereduksi Kecepatan pada Ruas Jalan H.M. Syarifudin di Kota Bogor. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.32832/komposit.v7i1.8029
Subiki, Setyarini, D. A., & Supeno. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA (Fisika) SMP Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Scaffolding. FKIP E-Proceeding, 2(1), 7–7.
Sulastri, T. (2020). IPA Terpadu Buku Pegangan Guru Dan Siswa. Bandung: Tata Akbar.
Sulthon. (2016). Pembelajaran Ipa Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Elementary, 4(1), 38-54.
Wilujeng, I. (2018). Ipa Terintegrasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: UNY Press.