ANALISIS PENGGUNAAN GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI RUMINANSIA
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v6i2.15551Keywords:
Wordwall, Minat belajar, BiologiAbstract
Abstract:  The purpose of this study was to describe the learning interest of students in class XI MIPA SMA N 5 Semarang using the wordwall educational web. The type of research used is descriptive qualitative. The subjects in this study were all 31 students of XI MIPA 02. The method used in research regarding the use of wordwalls on interest in learning Ruminants material in the learning process is by collecting data through a questionnaire (questionnaire), direct interviews with teachers and students, observation and documentation. The results of the study proved that the use of the Wordwall web media gave positive results to the learning interest of class XI MIPA 02 students in Ruminants material which showed a result of 78% in the very high category. Biology learning with wordwall applications is good and can support learning activities used in the biology learning process for ruminant material in secondary schools.
Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar perserta didik kelas XI MIPA SMA N 5 Semarang menggunakan web edukasi wordwall. Dengan jenis penelitian yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik XI MIPA 02 yang berjumlah 31 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian mengenai penggunaan wordwall terhadap minat belajar materi Ruminansia pada proses pembelajaran dengan cara mengumpulkan data melalui koesioner (angket), wawancara langsung dengan guru dan perserta didik, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian terbukti bahwa penggunaan media web Wordwall memberikan hasil positif terhadap minat belajar perserta didik kelas XI MIPA 02 pada materi Ruminansia yang menujukan hasil sebesar 78% dengan kategori sangat tinggi. Pembelajaran biologi dengan aplikasi wordwall, baik dan dapat mendukung aktivitas pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran Biologi materi ruminasia di sekolah menengah.
References
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall TerhadapHasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). PenerapanWwordwall Game Quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716
Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Pythagoras, 7((1)), 61–67. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran JarakJauh: Tinjauan Pustaka. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(3), 192–205. https://doi.org/10.21093/twt.v9i3.4862
Marhaeni, L. P., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. L. P. M. (2020). Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Konsentrasi dan Minat Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(3), 137–147.
Maryanti, S., Hartati, S., & Kurniawan, D. T. (2022). Assessment For Learning ( AFL ) Melalui Aplikasi Wordwall Untuk Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah oleh Mahasiswa Calon Guru Biologi Assessment For Learning Through The Wordwall Application For HighSchools Biology Learning of prospective biology teach. 19, 216– 222.
Masita, D., Kartiko, A., Mojokerto, P., & Therapy, E. (2022). Pendampingan ExerciseTherapy Untuk Anak. 45–53.
Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). Penerapan Sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 122. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p122--141
Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162
Purnomo, A., Asitah, N., Rosyidah, E., Septianto, A., Daryanti, M. D., & Firdaus, M. (2019). Generasi Z sebagai Generasi Wirausaha. 1–4. https://doi.org/10.31227/osf.io/4m7kz
Rokhana, L. A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1), 26–38.
Saputra, A. (2020). Pendidikan Dan Teknologi: Tantangan Dan Kesempatan. IndonesianJournalof Islamic Educational Management, 3(1), 21–33.
Supardi, S. (2019). 済無 No Title No Title. Kajian Peraturan Perundang-Undangan TentangPemberian Informasi Obat Dan Obat Tradisional Di Indonesia, 53(9), 1689– 1699.
Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education Technology, 4(1), 22.https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079
Tanjung, H. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 59–68.
Winda Septa Riani, & Yuli Azmi Rozali. (2014). Hubungan Antara Self Efficacy Dan Kecemasan Saat Presentasi Pada Mahasiswa Univeristas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(1), 1–9.