Kajian IPA Sistem Irigasi pada Hidroponik Sayuran di Agrotechnopark Universitas Jember Sebagai Sumber Belajar bagi Siswa SMP

Authors

  • Alvira Dwi Aulia Universitas Jember
  • Febrina Alamanda Universitas Jember
  • Hafiizha Nur Addina Nur Addina Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31764/justek.v6i2.15811

Keywords:

Irrigation system, hydroponics, learning resources

Abstract

Abstract:  Hydroponics with the DFT system is a hydroponic system that utilizes water irrigation techniques as a medium to meet the nutritional needs of plants by forming puddles. The purpose of this study is for students to know how physics concepts such as hydrostatic pressure and capillary forces exist in hydroponic irrigation systems. The water channels or irrigation studied are irrigation used by the hydroponic system at the Agrotechnopark at the University of Jember. The research methods used are observation, interviews, and literature studies. The research results obtained are that irrigation systems in hydroponic plants can be connected to the concepts of physics, namely hydrostatic pressure and capillary forces. Hydrostatic pressure in hydroponics can be observed in water that propagates up through the filter media and growing media. Capillary forces in hydroponics can be observed in flannel which is an excellent wick system in the water absorption process.

Abstrak: Hidroponik dengan sistem DFT merupakan sistem hidroponik yang memanfaatkan teknik irigasi air sebagai media untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman dengan membentuk genangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu agar siswa dapat mengetahui bagaimana konsep fisika seperti tekanan hidrostatik dan gaya kapilaritas yang ada pada sistem irigasi hidroponik. Saluran air atau irigasi yang dikaji adalah irigasi yang digunakan sistem hidroponik pada Agrotechnopark yang ada di Universitas Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sistem irigasi pada tanaman hidroponik dapat dihubungkan pada konsep fisika yaitu tekanan hidrostatis dan gaya kapilaritas. Tekanan hidrostatis pada hidroponik dapat diamati pada air yang merambat naik ke atas melalui media filter dan media tanam. Gaya kapilaritas pada hidroponik dapat diamati pada kain flannel yang merupakan sistem sumbu yang sangat baik dalam proses penyerapan air.

References

Alfarizi, A. (2022). Literature Review : Implementasi Model Pembelajaran Discovery-Learning Berbasis Sains pada Pembelajaran IPA. Jurnal Sains Edukatika Indonesia, 4(2), 49–54.

Ardiani, S., Rahmayanti, H. D., & Akmalia, N. (2019). Analisis Kapilaritas Air pada Kain. Jurnal Fisika, 9(2), 47–51.

Cahyanda, R. Q., Agustin, H., & Fauzi, A. R. (2022). Pengaruh Metode Penanaman Hidroponik dan Konvensional Terhadap Pertumbuhan Tanaman Selada Romaine dan Pakcoy. Jurnal Bioindustri, 4(2), 109–119. https://doi.org/10.31326/jbio.v4i2.951

Febrianti, L., Inonu, I., & Lestari, T. (2022). Budidaya Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) di Media Tailing Pasca Tambang Timah dengan Perlakuan Lebar Sumbu Irigasi Sistem Growick. J-PEN Borneo : Jurnal Ilmu Pertanian, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.35334/jpen.v5i2.2974

Gregoryan, M., Andjarwirawan, J., & Lim, R. (2019). Sistem Kontrol dan Monitoring Ph Air serta Kepekatan Nutrisi pada Budidaya Hidroponik Jenis Sayur dengan Teknik Deep Flow Techcnique. Jurnal Infra, 7(2), 1–6.

Khomsah, M., & Chusnah, M. (2021). Efektivitas Berbagai Media Tanam terhadap Pertumbuhan Kangkung Darat (Ipomea reptans Poir) dengan Hidroponik Sistem DFT (Deep Flow Technique). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. https://books.google.co.id/books?id=xTVxEAAAQBAJ

Laksmana, I., Jingga, T. Z., Febrina, W., Khomarudin, A. N., Putri, E. E., Nazli, R., Novita, R., & Amrizal. (2022). Teknologi Internet of Things (IoT) dan Hidroponik. Goresan Pena. https://books.google.co.id/books?id=dJWdEAAAQBAJ

MD, M., & Arianty, N. (2019). Pemanfaatan Pekarangan dalam Usaha Budidaya Sayuran secara Hidroponik. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 182–186. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3604

Nurnawaty, N., Suhardiman, S., & Ihwan, I. (2018). Analisis Rembesan pada Bendungan Tipe Urugan (Uji Simulasi Lab). Jurnal Teknik Hidro, 11(1), 12–22. https://doi.org/10.26618/th.v11i1.2436

Rahmani, D. R., & Wahyunah. (2021). Urban Floating Farming: Potensi Kearifan Lokal Pertanian Lahan Basah di Perkotaan. UrbanGreen Central Media. https://books.google.co.id/books?id=N3s3EAAAQBAJ

Ramadan, F. A., Gunawan, Y., & Aksar, P. (2022). Analisis Sistem Perpipaan Pada Hidroponik Sistem Deep Flow Tehnique. Enthalpy : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin, 7(2), 75–80. https://doi.org/10.55679/enthalpy.v7i2.24769

Savitri, D. A., Nadzirah, R., & Novijanto, N. (2020). Pelatihan Hidroponik Sistem DFT Guna Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa di Jember. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(5), 969–977.

Septiadi, D., & Nursan, M. (2020). Optimasi Produksi Usaha Tani Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Petani Sayuran di Kota Mataram. Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh, 5(2), 87–96. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/ag.v5i2.3489

Setiawan, E., Saputra, I. H., & Tjandra, A. A. (2022). Analisa Pemenuhan Air Irigasi Lahan Pertanian Desa Sumberagung Kecamatan Dander. De’Teksi: Jurnal Teknik Sipil Unigoro, 7(2), 47–61.

Siregar, M. H. F. F., & Novita, A. (2021). Sosialisasi Budidaya Sistem Tanam Hidroponik dan Veltikultur. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i1.6826

Utomo, R. K. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan secara Generatif Melalui Model Example Non-Example dengan Metode Direct Observasi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 3(2), 266–277. https://doi.org/https://doi.org/10.51874/jips.v3i2.62

Yustiningsih, M., Naisumu, Y. G., & Berek, A. (2019). Deep Flow Technique (DFT) Hidroponik Menggunakan Media Nutrisi Limbah Cair Tahu dan Kayu Apu (Pistia stratiotes L.) untuk Peningkatan Produktivitas Tanaman. Mangifera Edu: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 3(2), 110–121. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i1.532

Downloads

Published

2023-06-24

Issue

Section

Articles