Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v6i4.20467Keywords:
Efektivitas, Wordwall, Hasil belajarAbstract
Abstract:Â The purpose of this study is to improve the effectiveness of Wordwall media on the learning outcomes of SMAN 4 Mataram students. The research method uses quantitative and qualitative approaches (mixed method). This type of research is classroom follow-up research with research stages consisting of planning, implementing actions, observation and reflection. Research instruments with tests, observations and questionnaires. Research data obtained from pretest and posttest in the form of percentage of each respondent's total score and average. The results showed that there was an increase in learning outcomes with the application of Wordwall media, this was evidenced by the learning outcomes on the posttest, namely the percentage of students who completed by 83% and the percentage of students who did not complete by 17%.
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektivitas media Wordwall terhadap hasil belajar siswa SMAN 4 Mataram. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed method). Jenis penelitian adalah penelitian tindakn kelas dengan tahapan penelitian terdiri dari Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian dengan tes, observasi dan angket. Data penelitian yang diperoleh dari pretest dan posttest dalam bentuk persentase skor total masing-masing responden dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dengan penerapan media Wordwall, hal ini dibuktikan dengan hasil belajar pada posttest yaitu persentase siswa yang tuntas sebesar 83% dan persentase siswa yang tidak tuntas sebesar 17%.References
Arrosyad, M. I., Antika, D., Dzulqa, E. T., Balqis, M., Muhammadiyah, U., & Belitung, B. (2023). Analisis Penggunaan Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Daya Tarik Belajar Siswa di Sekolah Dasar. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1, 414–423.
Cahyo, K. N., Martini, & Riana, E. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Kuesioner Pelatihan pada PT Brainmatics Cipta Informatika. Journal of Information System Research (JOSH), 1(1), 45–53. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josh/article/view/44
Hartaningsih, D. (2022). Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Media Wordwall Siswa Kelas VII MTs. GUPPI KRESNOMULYO. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(3), 303–312. https://doi.org/10.51878/action.v2i3.1443
Kajian, J., Indonesia, P., Pelajaran, M., & Pancasila, P. (2023). Pelita : Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada. 3(2), 42–51.
Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Man 1 Lamongan. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, VI(Vol 6 No 2), 189–199. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628
Murtadho, M. S. (2021). Analisis Kompensasi, Kesehatan, Dan Keselamatan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Cv Nsr Ac Mobil Sidoarjo. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Ningsih, S. R., & Putra, H. K. (2022). Pembelajaran Penerapan Aplikasi Wordwall pada Mata Pelajaran Simkomdig untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Tamansiswa Sukoharjo selama Pembelajaran Jarak Jauh , salah satunya adalah karena k. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1–8.
Oktaviani, P. S., Hadiana, O., Heriyana, T., Nurhayati, T., & Cirebon, U. M. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Dan. 9(2), 125–136.
Putri, N. M., & Hamimah, H. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 95–99. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.99
Shofiya Launin, Wahyu Nugroho, & Angga Setiawan. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.176
Sulvina, A., Pranata Sinaga, E., Gaol, D. L., Ivanna, J., Tamba, R., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa/i SMP Negeri 17 Medan. Journal of Teaching and Science Education (JOTASE), 1(2), 59. https://ejournal.fordagipi.or.id/index.php/JOTASE
Surahmawan, A. N. I., Arumawati, D. Y., Palupi, L. R., Widyaningrum, R., & Cahyani, V. P. (2021). Penggunaan Media Wordwall sebagai Media Pembelajaran Sistem Pernafasan Manusia. Pisces, 1(1), 95–105.
Tatsa Galuh Pradani. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat danmotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/educenter/index
Triyani, R. (2023). Penggunaan Game Interaktif Berbasis Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(1), 40–49.
Ummi, A., Dewi, A. S., Rahmawati, A., & Wahidayani, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika. 3, 264–272.
Utami, T., & Mulyani. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII pada Materi Segitiga di MTs Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Hipotenusa, 1(1), 33–39. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/6377/
Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68–83. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20375
Yelvita, F. S. (2022). Motivasi Belajar Siswa dan Pemanfaatan Media Word Wall: Kajian Teori. Intelegensia, 7(8.5.2017), 2003–2005.
Yuliastuti Puspitasari, D., Haryanto, H., & Sofyan, S. (2022). Efektivitas Pembelajaran Simulasi Berbantukan Game Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Atletik. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1103–1109. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1348
Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. 1, 1–11.