Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v6i4.20493Keywords:
Problem Based Learning, Media Canva, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Abstract: Â As technology develops in the industrial era 4.0, it has a significant impact on the world of education. Learning is starting to be directed towards the use of learning media that is able to attract students' interest in learning. Specifically for mathematics learning in elementary school. Studying mathematics is known as a difficult, boring and monotonous lesson. Even students at elementary school level are less interested in this lesson. This can be seen from the relatively low mathematics learning outcomes. The aim of this research is to improve students' mathematics learning outcomes through the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model assisted by Canva media. The location of this research is SDN 1 Sukamulia Timur with a sample size of 23 students in class IV. The instrument used to collect research data related to learning outcomes is a multiple choice test that uses Bloom's taxonomy. Research data analysis uses quantitative descriptive. The research results showed that there was an increase in student learning outcomes in mathematics lessons after implementing learning with the PBL model assisted by Canva. The number of students who completed (above KKM) in cycle I and cycle II increased. 80% of students are said to have completed.
Abstrak: Seiring perkembangan teknologi di era industri 4.0 memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan. Pembelajaran mulai diarahkan menuju penggunaan media pembelajaran yang mampu menarik minat belajar peserta didik. Khusus pembelajaran matematika di SD. Belajar matematika terkenal dengan istilah pelajaran sulit, membosankan, dan monoton. Bahkan peserta didik di tingkatan SD pun kurang tertarik dengan pelajaran ini. Hal ini terlihat dari hasil belajar matematika yang tergolong rendah. Adapun tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media canva. Lokasi penelitian ini yaitu SDN 1 Sukamulia Timur dengan jumlah sampel sebanyak 23 peserta didik di kelas IV. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data penelitian terkait hasil belajar adalah tes pilihan ganda yang menggunakan taksonomi Bloom. Analisis data penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika setelah melaksanakan pembelajaran dengan model PBL berbantuan canva. Jumlah peserta didik yang tuntas (di atas KKM) pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. 80% peserta didik dikatakan tuntas.
References
Agung, A. A. G. 2005. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Keilmuan Negeri Singaraja.
Azzahra, D. M., Putra, B. Y. G., & Rahman, T. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sma Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Canva. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1), 146–158. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.9385
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i4.1354
Hayati, T. U. F. (2020). Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022, 8–15.
Husnidar, & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kimia. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 067–072. https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29956
Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, ISBN: 978-602-6779-47-2, 127–134.
Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 2. https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/72716
Najoan, R. A. ., Tahiru, Y. S., Kumolontang, D. F., & Tuerah, R. M. (2023). Penerapan Model Problem based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1268–1278. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5005
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120–125. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
Ramdayani, F. S., Amran, M., & Risnawati. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lks Berpendekatan. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 1023–1037.
Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 292–306. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp292-306
Santi, M. D., Nursyahidah, F., Nugroho, A. A., & Estiyani, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Canva pada Siswa Kelas V SDN Pandeanlamper 03. Journal on Education, 5(4), 12272–12280. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2199
Siregar, A., Sitorus, M., & Reflina. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 286–289. https://yana.web.id/index.php/relevan
Sumartiwi, N. M., Suarjana, I. Ma., & Ujianti, P. R. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 220–230. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47626
Widayanti, R., & Dwi Nur’aini, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema Journal, 2(1), 12–23. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480
Yulifa, E., Pramasdyahsari, A. S., Suneki, S., & Sijamtini, N. (2023). Efektivitas Model PBL Berbantuan Canva terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas III. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 3220–3229. http://www.nber.org/papers/w16019