Pemilihan Platform Media Pembelajaran Online Pada Masa New Normal
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3516Keywords:
Pembelajaran Online, Media Pembelajaran, Pembelajaran DaringAbstract
Abstrak: Teknologi sangat berperan penting untuk mendukung sebuah pendidikan yang mampu mempercepat pemahaman. di era digiatal ini semua kegiatan/Aktiviatas menggunakan teknologi, hal itu terlihat dari perkembangan industri 4.0 memudahkan kita untuk mengakses segala informasi yang kita butuhkan, terutama didunia pendidikan. digitalisasi pendidikan yang dilakukan di Indonesia dengan mengembangkan pembelajaran online (daring). mengamati pembelajaran online membuat segala sesuatu serba cepat dan mudah diakses dimana pun. perlu dilakuakan penelitian platform media pembelajaran apa yang efektif, dan mampu mengakomodasi semua mahasiswa dalam pembelajaran online di masa New Normal. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif yang didukung dengan pengambilan data survey dan melakukan analisis deskriptif kualitatif terhadap data dan informasi yang telah diperoleh dengan survey maupun sumber-sumber lain. Hasil yang diperoleh untuk pemilihan platform pembelajaran online meliputi : 1) pemilihan platform menggunakan WhatsApp dilihat sebesar terlihat dari hasil suvey sebesar 46,4% Lebih memilih karena Apliaksi mudah diakses, respon cepat dan hemat kuota. namun kekurangan aplikasi ini tidak bisa melakuka conference/meeting secara banyak (hanya dibatasi 8 Orang); 2) Pembelajaran Daring secara langsung (Live) menggunakan Line, hal tersebut terlihat dari survey sebesar 44,3 % memilih, karena ketika pembelajaran secara langsung sinyal yang stabil, kapasitas untuk melakukan meeting yang tersedia lebih dari 100 orang dan tidak berbayar.             Â
Â
Abstract: Technology plays an important role in supporting an education that can accelerate understanding. In this digiatal era, all activities / activities use technology, this can be seen from the development of industry 4.0 making it easier for us to access all the information we need, especially in the world of education. digitalization of education carried out in Indonesia by developing online learning (online). observing online learning makes things fast paced and easily accessible anywhere. It is necessary to do research on what learning media platforms are effective and able to accommodate all students in online learning during the New Normal period. The research method uses qualitative research methods that are supported by taking survey data and conducting qualitative descriptive analysis of the data and information that has been obtained through surveys and other sources. The results obtained for the selection of an online learning platform include: 1) choosing a platform using WhatsApp as seen from the survey results of 46.4% Prefer because the application is easy to access, quick response and saves quotas. but the shortcomings of this application are not able to do a lot of conference / meeting (only limited to 8 people); 2) Direct online learning (Live) using Line, this can be seen from a survey of 44.3% choosing, because when direct learning has a stable signal, the capacity to conduct meetings is available for more than 100 people and is free of charge.
References
Damayanti, L. S. (2020). Implementasi E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Pendidikan Tinggi Pariwisata Di Bali Selama Pandemi Covid-19. Journey, 2(2), 63–82.
Dewi, M. S. (2020). Sequential Exploratory: Pembelajaran Seni Tari Bagi Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Masa Pandemi Covid-19. Elementerls: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Islam, 2 No. 1 Me(2655–6324), 1–7.
Hidayat, D., & Noeraida. (2020). Pengalaman Komunikasi Siswa Melakukan Kelas Online Selama Pandemi Covid – 19. JIKE Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 3(1), 172–182. https://doi.org/10.32534/jike.v3i2.1017
Iin, K. S. (Universitas. (2020). Perlindungan Negara Bagi Pengungsi Pada Masa Pandemi Global COVID-19: Kajian Hukum Internasional. Al-Azhar Islamic Law Review, 2(2656–6133), 66–77. https://doi.org/https://doi.org/10.37146/ailrev.v2i2.27
Indiani, B. (2020). Mengoptimalkan Proses Pembelajaran Dengan Media Daring pada Masa Pendemi COVID-19. 1(3), 227–232.
Made Yeni, S. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70. https://corona.ntbprov.go.id/
Marbun, P. (2020). Disain Pembelajaran Online Pada Era Dan Pasca Covid-19. CSRID Journal, 12(2), 129–142. http://csrid.potensi-utama.ac.id/index.php/CSRID/article/view/408
Maulah, S., Nurul a, F., & R. Ummah, N. (2020). Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Alveoli : Jurnal Pendidikan Biologi, 1 No.2 Jul(1), 50–61.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Dijurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1 No.1 Jun, 21–30.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK : Jurnal Ilmu Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887
Setiawan, R., & Komalasari, E. (2020). Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi Di Tengah Pandemi Covid-19. In Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan Dan Sosiologi (Vol. 4, Issue 8).
Sudarsana, I. K., & dkk. (2020). COVID-19: Perspektif Pendidikan (Issue October).
Syaipudin, L. (2020). Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi Covid-19. Kalijaga Jurnal of Komunikasi, 2(1), 14–34.
Yulianto, E., Cahyani, P. D., & Silvianita, S. (2020). Perbandingan Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp group dan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pada Masa Pandemic COVID-19. 3(2), 331–341.
Yuniarti, R. D. (2010). Potensi E-Learning Melalui Sistem Kuliah On-Line Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Prodi Tata Niaga Jurusan Pendidikan Ekonomi FPEB-UPI. Manajerial, 8 No. 16 J, 66–77.