Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533Keywords:
Efektiitas, Teams Games Tournament, Hasil BelajarAbstract
Abstract:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Mataram. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Mataram yang terdiri dari 4 kelas kemudian dimbil secara acak, dua kelas dari jumlah populasi yaitu XI IPS 3 (kelas Eksperimen) dan XI IPS 2 (Kelas Kontrol) sebagai sampel penelitian. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal uraian yang sudah divalidasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan awal siswa untuk kedua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol) adalah homogen yang ditunjukkan dengan Fhitung < Ftabel (1,06 < 1,72). Dan pada tes kemampuan akhir (setelah perlakuan) diperoleh thitung < ttabel (1.626 < 2,000), sehingga yang diterima adalah H0 yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi program linear siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Mataram.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Mataram. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Mataram yang terdiri dari 4 kelas kemudian dimbil secara acak, dua kelas dari jumlah populasi yaitu XI IPS 3 (kelas Eksperimen) dan XI IPS 2 (Kelas Kontrol) sebagai sampel penelitian. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal uraian yang sudah divalidasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan awal siswa untuk kedua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol) adalah homogen yang ditunjukkan dengan Fhitung < Ftabel (1,06 < 1,72). Dan pada tes kemampuan akhir (setelah perlakuan) diperoleh thitung < ttabel (1.626 < 2,000), sehingga yang diterima adalah H0 yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi program linear siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Mataram.
References
Adriyanto, Dewi Pramita, Abdillah, Syaharuddin, Mahsup, E. F. (2019). Peningkatan Kompetensi Strategis Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 01–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3535
Aribawati, D., Kristin, F., & ... (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. JUSTEK| Jurnal Sains & ….
Arikunto. (2006). Metode Penelitian. The A-Z of Social Research, 1, 160.
Arta Diantoro, S. B., Mahsup, M., & Pramita, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP. Paedagoria | FKIP UMMat, 10(1), 01. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i1.811
Eka Fitriani, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 01–08. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3541
Habib Ratu Putra Negara, Syaharuddin Syaharuddin, Kiki Riska Ayu Kurniawati, A. A. (2019). Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Melalui Penerapan Edugame dan Eledu Berbasis Android. Proceeding National Conference: Education, Social Science, and Humaniora, 1(1), 85–87.
Mahsup, & Anwar, Y. S. (2020). Development of structured modules to improve the mathematical understanding of the circle concept in class VIII Mataram 17 junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012074
Mahsup, Abdillah, S. (2018). Peningkatan Penguasaan Konsep Lingkaran Dengan Metode Penemuan Bagi Mahasiswa. Paedagoria, 9(2), 91–96. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/871
Mahsup, M. (2011). Penerapan Stategi Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Βeta, 4(2), 120–132. Retrieved from file:///C:/Users/Mahsup/Downloads/document (1).pdf
Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673
Mandailina, V., & Mahsup. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (JTAM), 2(2), 144–147.
Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612
Murtiah, B. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Gambar Binatang Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendeskripsi Secara …. JUSTEK| Jurnal Sains & Teknologi.
Nurfiati, Vera Mandailina, Mahsup, Syaharuddin, A. (2020). Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.v3i1.3509
Puspita, M., Slameto, S., & ... (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek| Jurnal Sains & ….
Rahmatin, N., Pramita, D., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 27. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.760
Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 07. JUSTEK| Jurnal Sains & Teknologi, 1(1), 76–81.
Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Komodo Science Education, 1(01), 1–14.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (1), 1–26.
UURI, 20 tahun 2003. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia. Indonesia.