Peningkatan Kompetensi Strategis Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3535Keywords:
Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Bangun Ruang Sisi Datar, Kompetensi Strategis.Abstract
Abstract: This study aims to determine the effectiveness of conceptual understanding procedures learning model to students' strategic competencies taken from student post-test results. The study was included in quasi Experimental Design research involving 41 students consisting of two classes taken from five classes with porposive sampling techniques. The data collection technique used is a test instrument with a significant level of 5%. The results showed that the average strategic competency ability of experimental class students was 61.7, while the average strategic competency ability of control class students was 51. Based on data analysis from the t-test hypothesis that has been done, the results showed t-count > t-table (2.43 > 1.69) so that Ho was rejected and Ha accepted. Therefore, it can be concluded that the Conceptual Understanding Procedures learning model is effective against the strategic competencies of students in the material of building flat-sided rooms in grade VIII junior high school.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap kompetensi strategis siswa yang diambil dari hasil post-test siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Quasi Eksperimental Design yang melibatkan 41 siswa yang terdiri dari dua kelas yang diambil dari lima kelas dengan teknik porposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata kemampuan kompetensi strategis siswa kelas eksperimen sebesar 61,7, sedangkan rata-rata kemampuan kompetensi strategis siswa kelas kontrol sebesar 51. Berdasarkan analisis data dari uji hipotesis uji-t yang sudah dilakukan, hasilnya menunjukkan t-hitung > t-tabel (2,43 > 1,69) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures efektif terhadap kompetensi strategis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP.References
Ade Rahayu Fadhilla, Marwan AR, and Susilawati. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Undrstanding Procedures (Prosedur Pemahaman Konsep) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Cahaya Kelas VIII Di SMPN 2 Montasik Aceh Besar.†Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika 1(4): 104–9.
Aribawati, D, F Kristin, and ... 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA SISWA KELAS 3 SD.†JUSTEK| Jurnal Sains & ….
Arikunto, Suharsimi. 2006. “Prosedur Penelitian Tindakan Kelas.†Bumi Aksara 136(2): 2–3.
Arta Diantoro, Syaiful Barsa, Mahsup Mahsup, and Dewi Pramita. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP.†Paedagoria | FKIP UMMat 10(1): 01.
Dantes, N. 2007. “Pendidikan Profesi Guru Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Profesionalisme Guru (Refleksi Tentang Struktur Program LPTK).†Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA,(Online ….
Dwiranata, Doni, Dewi Pramita, and Syaharuddin Syaharuddin. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA.†Jurnal Varian 3(1): 1–5.
Gita, Asri, Nerru Pranuta Murnaka, and Klara Iswara Sukmawati. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) Sebagai Upaya Mengatasi Miskonsepsi Matematis Siswa.†Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 2(1): 65.
Herianto, Agus, and Ibrahim Ibrahim. 2017. “Analisis Efektivitas, Kelebihan Dan Kekurangan Desain Model Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Lingkungan Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Di Pulau Lombok.†In Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia Dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatifâ€. Aula Handayani IKIP Mataram 14 Oktober 2017, , 17–27.
Hikmah, Nurul, Baidowi Baidowi, and Nani Kurniati. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA NEGERI 7 Mataram.†JURNAL PIJAR MIPA 9(2).
Kabunggul, Yosua et al. 2020. “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media ….†Jurnal Pendidikan Karakter 3(2): 3–6.
Mahsup, and Y. S. Anwar. 2020. “Development of Structured Modules to Improve the Mathematical Understanding of the Circle Concept in Class VIII Mataram 17 Junior High School.†In Journal of Physics: Conference Series,.
Mahsup, Abdillah, Syaharuddin. 2018. “Peningkatan Penguasaan Konsep Lingkaran Dengan Metode Penemuan Bagi Mahasiswa.†Paedagoria 9(2): 91–96. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/871.
Muhardini, Sintayana et al. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara Untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 6(2): 284.
Permendikbud RI No. 20. 2016. “Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah.†In Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016,.
Puspita, M, S Slameto, and ... 2018. “Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.†Justek| Jurnal Sains & ….
Rahmatin, Nutia, Dewi Pramita, Sirajuddin Sirajuddin, and Mahsup Mahsup. 2019. “Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP.†JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika 3(1): 27.
Setyowati, Endah, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. 2018. “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 07.†JUSTEK| Jurnal Sains & Teknologi 1(1): 76–81.
Sistem Pendidikan Nasional. 2003. “Undang-Undang No.20 Tahun 2003Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003. Departemen Pendidikan Nasional.†Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. 2013. “Buku - Sugiyono.†In Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, Dan R & D, , 407.
Syaharuddin, Syaharuddin, Dewi Pramita, and Sirajuddin Sirajuddin. 2019. “Pengenalan Operasi Tambah Kurang Melalui Permainan Congklak Bagi Siswa Sekolah Dasar.†JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 3(1): 01.
UURI, 20 tahun 2003. 2003. “Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia.†Indonesia.