Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman

Authors

  • Eka Fitriani TK IT Abata Lombok
  • Mahsup Mahsup Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3541

Keywords:

Pengaruh, Tipe Jigsaw, Pemahaman

Abstract

Abstract: This research aims to determine the effect of cooperative learning of the jigsaw type in improving understanding of the material of elementary algebra students Semester II Study Program Mathematics education FKIP UM Mataram. This type of research is experimental research. The population in this study is all students of the second semester of Mathematics Education Study Program, while the sample of this research is five semester II students. The data collection techniques used are test instruments with a significant level of 5%. Based on the results of the hypothesis test obtained that was done so that the alternative hypothesis (HA) was rejected and the zero hypothesis (Ho) was received. So that it can be concluded that there is no influence of the jigsaw method on the achievement of mathematical learning in the linear program of students Semester II Program of education Studies Mataram FKIP UM MataramTuliskan abstrak dalam bahasa Inggris

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan pemahaman materi Aljabar Elementer mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UM Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh mahasiswa semester II program Studi Pendidikan Matematika, sedangkan sampel penelitian ini adalah 5 orang mahasiswa semester II. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen test dengan taraf signifikan 5%.  Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan yang telah dilakukan sehingga hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan hipotesis nol (Ho) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh metode jigsaw terhadap prestasi belajar matematika pada materi program linear Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Mataram FKIP UM Mataram.

Author Biographies

Mahsup Mahsup, Universitas Muhammadiyah Mataram

Pendidikan Matematika

Ibrahim Ibrahim, Universitas Muhammadiyah Mataram

Pendidikan Geografi

References

Adriyanto, Dewi Pramita, Abdillah, Syaharuddin, Mahsup, Eka Fitriani. 2019. “Peningkatan Kompetensi Strategis Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures.†Justek : Jurnal Sains dan Teknologi 2(1): 01–10. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3535/pdf.

Andriani, Ineu, Mumun Munawaroh, and Indah Nursuprianah. 2015. “Perbandingan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Belajar Matematika Antara Yang Menggunakan Metode Jigsaw Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Di Kelas VII SMP Satu Atap Negeri Talun Kabupaten Cirebon.†Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Metode Jigsaw Metode Inkuiri Terbimbing EduMa 4(2): 32–45 .

Aribawati, D, F Kristin, and ... 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD.†Justek| Jurnal Sains & ….

Arikunto, Suharsimi. 2008. “Evaluasi Program Pendidikan.†PT bumi aksara: 227.

Arta Diantoro, Syaiful Barsa, Mahsup Mahsup, and Dewi Pramita. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP.†Paedagoria | FKIP UMMat 10(1): 01.

Junaedi, Ifan. 2019. “Proses Pembelajaran Yang Efektif.†Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research 3(2): 19–25.

Kabunggul, Yosua et al. 2020. “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media ….†Jurnal Pendidikan Karakter 3(2): 3–6.

Leonardo, Leonardo, and Michelle Aprilia Wijaya. 2019. “Pengaruh Desain Pencahayaan Kelas Terhadap Proses Belajar Mengajar Di Universitas Matana.†Media Arsitektur dan Kota : Jurnal Ilmiah Penelitian 2(2): 61–71.

Lingga, Alif, and Winda Sari. 2013. “Pengaruh Kemampuan Berpikir Aljabar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kasus Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon).†Eduma 2(2).

Mahsup, and Abdillah Abdillah. 2019. “Penerapan Pembelajaran Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Pada Materi Determinan.†Jurnal Ulul Albab 23(1): 33.

Mahsup, and Y. S. Anwar. 2020. “Development of Structured Modules to Improve the Mathematical Understanding of the Circle Concept in Class VIII Mataram 17 Junior High School.†In Journal of Physics: Conference Series,.

Mahsup, Mahsup. 2011. “Penerapan Stategi Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.†βeta 4(2): 120–32. file:///C:/Users/Mahsup/Downloads/document (1).pdf.

———. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya.†Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran.

Mahsup, Mahsup, and Yunita Septiana Anwar. 2017. “Sosialisasi Media Pita Bilangan Matematika Siswa Sekolah Dasar Desa Gelangsar Lombok Barat.†JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 1(1): 25.

Mahsup, Mahsup, Islahudin Islahudin, and Yunita Septriana Anwar. 2018. “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Menentukan Volume Bangun Ruang Bagi Siswa Sekolah Dasar.†Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 2(1): 27.

Mandailina, Vera, and Mahsup. 2018. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP/MTs.†Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM) 2(2): 144–47.

Muhammad, Zulfikar. 2018. “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa.†Jurnal Pembelajaran Matematika 9: 65–71.

Mukminah, Eka Fitriani, Mahsup, Syaharuddin. 2019. “Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.†Justek : Jurnal Sains dan Teknologi 2(2): 1–5. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3533.

Murtiah, B. 2018. “Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Gambar Binatang Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendeskripsi Secara ….†Justek| Jurnal Sains & Teknologi.

Nurfiati, Vera Mandailina, Mahsup, Syaharuddin, Abdillah. 2020. “Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials.†Justek : Jurnal Sains dan Teknologi 3(1): 1–8. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3509.

Puspita, M, S Slameto, and ... 2018. “Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.†Justek| Jurnal Sains & ….

Rahmatin, Nutia, Dewi Pramita, Sirajuddin Sirajuddin, and Mahsup Mahsup. 2019. “Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP.†JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika 3(1): 27.

Salati, Suriansyah. 2015. “Strategi Mengaktifkan Siswa Belajar Aktif (Active Learning) Dalam Pelaksanaan Proses Pembelajaran.†Jurnal Ta’lim Muta'allim 1(2): 5.

Setyowati, Endah, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. 2018. “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 07.†Justek| Jurnal Sains & Teknologi 1(1): 76–81.

Sulthani, N.A Zavy. 2013. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Unggulan Dan Siswa Kelas Reguler Kelas X Sma Panjura Malang Pada Materi Logika Matematika.†Jurnal Pembelajaran Matematika 3(2): 1–8.

Syaharuddin, Syaharuddin, Dewi Pramita, and Sirajuddin Sirajuddin. 2019. “Pengenalan Operasi Tambah Kurang Melalui Permainan Congklak Bagi Siswa Sekolah Dasar.†JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 3(1): 01.

Published

2018-11-02

Issue

Section

Articles