Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3710Keywords:
problem based learning, motivasi, hasil belajarAbstract
Abstract:  this research aims to improve motivation and student learning outcomes in applying Problem Based Learning model. This research is a classroom action research conducted in twi cycle.the subjects of the research was the X-Mia 2 MAN 1 Bima in the academic year of 2018/2019. The research data obtained through observation and test. The result showed an increased by 7,95%, from 73,73 inthe first cycle and 81,78 in the second cycle. Learning outcomes classiical completeness increaseby 64,29% of classical completeness 17,86% in the first cycle and 82,29% in the second cycle. This result indicate problem based learning model can improve motivation and studen learning outcomes.
Â
Abstrak: penelitian ini bertujuan ituk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-Mia 2 MAN 1 Bima tahun ajaran 2018/2019 data diperoleh melaui observasi dan tes. Hasil penelitian ini terjadi pengkatan motivasi belajar yaitu sebesar 7,95% dari 73,83% pada siklus I menjadi 81,78% pada siklus II. Hasil belajar ketuntasan klasikal meningkat sebesar 64,29% dimana pada siklus i ketintasan klasikan hanya sebesar 17,86% sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan yaitu 82,29%. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajatan problem based learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa
References
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. Revika Aditama.
Ahmad, F. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Tepadu Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tabulahan Kab. Mamasa. Sainsmat, 5(2), 137–142. http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat/article/view/3241/1859
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Arikunto, S., & Safrudin. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.
Bungel, M. F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Palu Pada Materi Prisma. Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 45–54.
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8404/6797
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i1.14133
Mulia, S. D. B. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Septi. Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(6), 459–470. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/15939
Ningsih, N., Mastuti, S. E., & Aminuyati, A. (2013). Perbedaan Pengaruh Pemberian Apersepsi Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII A. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(6). https://www.neliti.com/publications/216152/perbedaan-pengaruh-pemberian-apersepsi-terhadap-kesiapan-belajar-siswa-mata-pela
Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 67–77.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian (10th ed.). Alfabeta.
Sari, A. P., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. (2018). Efektivitas Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes Siswa pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia (JPPK), 7(2), 1–16. https://core.ac.uk/download/pdf/294901205.pdf
Setiyadi, M. W. (2017a). Perbedaan Hasil Belajar IPA Terpadu antara Pemberian Tugas di Awal Pembelajaran Dengan Pemberian Tugas di Akhir Pembelajaran pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bolo Tahun Ajaran 2016-2017. VI(1), 1–11. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alfurqan/article/view/3229
Setiyadi, M. W. (2017b). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468
Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1188–1195. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9936/4696
Supardi, S., & Suharsini, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.