DESKRIPSI PROSES BERPIKIR SISWA KELAS VIII SMP PADA SOAL PISA LITERASI MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.402Keywords:
Proses berpikir Literasi matematika Soal PISAAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa kelas VIII SMP pada soal PISA literasi matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dibantu lembar tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Data yang dianalisis adalah proses berpikir siswa baik pada langkah pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan pembentukan kesimpulan. Subjek terpilih adalah tiga siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada soal nomer 1,2, dan 3, ketiga subjek mampu menunjukkan langkah proses berpikir baik pada langkah pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan pembentukan kesimpulan. Pada soal nomer 4 subjek INA dan subjek PSP menunjukkan ketiga langkah proses berpikir, sementara subjek IFP mengalami kesulitan pada langkah pembentukan pendapat dan pembentukan kesimpulan.
Abstract:  This research aims to describe the thinking procces of student in grade VIII Junior High School in mathematics literacy of PISA’s problems. The type of this research is descriptive qualitative. The main instrument in this study is the researchers themselves, assisted test and interview guides. Data analysis techinique that be used is Miles and Huberman model. Data analyzed is the students thinking procces both in the  step of forming meaning, forming opinion, and forming conclution. The selected subject is three students in grade VIII in SMP N 1 Salatiga. The result showed that in the number 1,2, and 3, all of the subjects could show the steps of thinking procces both the forming meaning, forming opinion, and forming conclution. In number 4, subject INA and PSP could show the three steps of thinking proccces, while subject IFP had a difficulty in the forming opinion and forming conclution steps.