UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRAYA DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.404Keywords:
Pembelajaran Individual, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar.Abstract
Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap refleksi dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran individual mata pelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII semester II SMPN 2 Praya. Intrumen yang digunakan adalah lembar observasi, interview, dokumentasi, dan tes. Diperoleh hasil aktivitas siswa dan hasil evaluasi belajar dari 38 siswa yang mendapat nilai  65 sebanyak 36 siswa. Disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran idividual pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIsemester II SMPN 2 Praya.
Â
Abstract: Â Class Action Research 2 cycle consisting of 4 stages that is planning stage, observation phase, evaluation phase, and reflection phase with the aim to know whether the application of individual learning subject of IPS can increase activity and achievement of student of class VIII second semester SMPN 2 Praya. The instruments used are observation sheets, interviews, documentation, and tests. Obtained result of student activity and result of evaluation learn from 38 student which get score 65 as 36 student. It was concluded that the application of idividual learning on social studies subjects can improve the activity and achievement of students of class VIII second semester of SMPN 2 Praya.