PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DISERTAI DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XII SMK PGRI 1 TERBANGGI BESAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.412Keywords:
Kooperatif Tipe Think-Pair-Share DemonstrasI Aktivitas Hasil BelajarAbstract
Abstrak: Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi sebanyak 21 peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan yang bervariasi. Peneliti mengamati secara langsung selama 2 siklus. Setiap siklus mempunyai tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kooperatif tipe think-pair-share disertai demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Peningkatan aktivitas terlihat pada setiap indikator aktivitas. Peserta didik yang dinyatakan mencapai KKM (nilai ≥ 75) pada siklus I sebesar 76,19%dan pada siklus II meningkat menjadi 90,84%. Saran yang diajukan kepada guru agar aktivitas dan hasil belajar memperoleh hasil yang optimal, maka disarankan untuk menerapkan model kooperatif tipe think-pair-share disertai demonstrasi.
Abstract:  This research is a Classroom Action Research (PTK), aims to increase the activity and biology learning outcomes as many as 21 students who have varying ability levels. Researchers observed directly for 2 cycles. Each cycle has stages of planning, implementation of action, observation and reflection. Data collection techniques use observation and test sheets. The results showed that the use of cooperative type of think-pair-share with demonstration can increase activity and learning outcomes. Increased activity is seen in each activity indicator. Students who declared to reach KKM (value ≥ 75) in the first cycle of 76,19% and in the second cycle increased to 90,84%. Suggestions submitted to the teacher for activities and learning outcomes to obtain optimal results, it is advisable to apply the model of cooperative type of think-pair-share with the demonstration.