PENGARUH KELENGKAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP KARTIKATAMA METRO KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.414Keywords:
Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Hasil BelajarAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran seperti (silabus, RPP, Handout, dan LKS) terhadap hasil belajar fisika siswa SMP Kartikatama Metro kelas VIII. Sampel Penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang dipilih secara random. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control-Group Pre test-Post test Design dan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 3,87 ternyata lebih besar dari ttabel sebesar 2,00 pada taraf signifikansi α = 5%, begitu juga pada taraf signifikansi α = 1% thitung lebih besar dari ttabel sebesar 2,66. Dengan kata lain, kelengkapan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Kartikatama Metro. Keberhasilan peningkatan hasil belajar disebabkan karena dampak dari kelengkapan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran.
Â
Abstract:  The result of studies providable from the teaching procces, that include the other aspec for gone some the purpose of study is that reach attain the purpose of study and the result of study. The purpose of this research is to know the influence of teaching sets of equipment (syllabus, RPP, Handout, and LKS)to the result of phisic study students in SMP Kartikatama Metro class VIII. The sampel of this reserch is class VIII D as experimen class and VIII B as control class that chosen in a random manner. The plan of the reserch is Randomized Control-Group Pre test-Post test Design and the instrument of the reserch is sheet of observation and exam. The analysis in this study uses the normality test, test and test the hypothesis of its homogeneity. Based on results of test of hypotheses the researcher obtains data tdaf (α = 5%) = 2.00 and tdaf (α = 1%) = 2,66 whereas thit = 3.87. Based on those values that discernible thit > tdaf so construed that the average process skills science experiment class of students is greater than the average science process skills grade control. In other words, teaching sets of equipment use has significant effects on the result students of class VIII SMP Kartikatama Metro. From the observation for use the completeness of teaching sets equipment that use in teaching procces.