The Effect of the Realistic Mathematic Education (RME) Learning Model On Students’ Mathematical Problem Solving Abilities : A Meta-Analysis
DOI:
https://doi.org/10.31764/justek.v4i1.4517Keywords:
Realistic Mathematic Education (RME), Problem Solving, Meta-AnalysisAbstract
Abstract: Realistic Mathematics Education (RME) learning is a learning approach that uses contextual issues and student-focused learning. This study aims to find out the huge influence of the Realistic Mathematics education learning model on students' mathematical problem-solving skills. The research method used is a meta-analysis with the help of JASP software by collecting data from the results of research indexed indexer databases such as Google Scholar, SINTA, and Garuda Portal. The data were taken in accordance with the criteria of inclusion and exclusion of this study to then be determined by the value of effect size (ES) and standard error (SE). The results of the data analysis using JASP software showed that realistic mathematics education (RME) learning model on mathematical problem-solving skills of students as a whole has a positive influence which is obtained by estimation (ES) of 0.71 or 71% based on RE Models with high category, as well as the p-value (egger's test) of 0.121 which means no publication is indicated bias, as well as the results of moderator variable analysis on classification per education level. This means that realistic Mathematics Education (RME) learning model for students' mathematical problem-solving skills can be said to be appropriate if used for students, especially in junior high and elementary school level.
Abstrak: Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) ini merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah kontekstual, dan pembelajaran terfokus pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic education terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis dengan bantuan software JASP yaitu dengan cara mengumpulkan data dari hasil-hasil penelitian yang terindeks database pengindeks seperti Google Scholar, SINTA, dan Portal Garuda. Data yang diambil sesuai kriteria inklusi dan ekslusi penelitian ini untuk kemudian ditentukan nilai effect size (ES) dan standard error (SE). Hasil analisis data menggunakan software JASP menunjukkan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampun Pemecahan Masalah Matematis Siswa secara keseluruhan pengaruhnya positif yang dimana di dapatan nilai Estimasi (ES) sebesar 0.71 atau 71% berdasarkan RE Models dengan kategori tinggi, serta nilai p-value (egger’s test) sebesar 0.121 yang berarti tidak terindikasi publication bias,begitu juga dengan hasil analisis variabel moderator pada klasifikasi per jenjang pendidikan. Ini berarti model pembelajaran Realistic Mahematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah matematis Siswa bisa dikatakan sudah tepat jika digunakan untuk Peserta didik terutama pada jenjang SMP dan SD.            Â
References
Agustina, L., Sormin, Azizah, S., & Sahara, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) di Kelas VII SMP NEGERI 4 Sipirok. 3(2007), 55–64.
Agustina, L., Sormin, M. A., & Sahara, N. (2018). Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Di Kelas Vii Smp Negeri 4 Sipirok. 3(1), 2598–2400.
Amaliyah, A. (2020a). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JTIEE, 4(2), 1–8.
Amaliyah, A. (2020b). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018, 04(2), 19–29.
Andini, Sucia, A., & Harleni, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii MTs Al-Azhar Bulu Cina Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Serunai Matematika, 11(2), 110–115.
Andini, S. A. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTS AL-Azhar Bulu Cina Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 11(2), 1689–1699.
Anisa, W. N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).
Asih, S. K. (2010). Keefektifan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education ( Rme ) Terhadap. TSCJ, 2(2), 103–110.
Destini, Firda. (2019). Penggunaan Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. 1, 288–297.
Destini, Frida. (2019). Penggunaan Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. 1, 288–297.
Ermawati, D. (2020a). PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SD. 1–9.
Ermawati, D. (2020b). Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Journal Pendidikan Dasar, 1–9.
Halim, A., Asmin, & Ahyaningsih, F. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII. PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 12, 1–9.
Harahap, H. M., & Lubis, R. (2019). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik ( Pmr ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 7. 2(2), 105–113.
Hesti Noviyana, D. F. U. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 829.
Lisa. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 8 Lhokseumawe. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 03(01), 41–54. https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i01.2355
Lisa. (2020). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 8 Lhokseumawe. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 363–372.
Logo, T. B., Rowa, Y. R., & Uskono, I. V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. ASIMTOT: JURNAL KEPENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1).
Maulida, E., Kasmini, L., & Novita, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Peluang. II(April), 132–143.
Model, P., Matematika, P., Terhadap, R., Pemecahan, K., Matematika, M., Smp, S., Effect, T. H. E., Realistic, O. F., Learning, M., On, M., Ability, T. H. E., Math, S., & Of, P. (2020). Tamar Bule Logo 1 , Yohana Rinna Rowa 2 , Irmina Veronika Uskono 3. 2(1).
Muttaqin, I. (2010a). Eksperimentasi Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Segiempat dan Segitiga Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Kabupaten Gunungkidul Tahun Pelajaran 2009/2010. Tesis.
Muttaqin, I. (2010b). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Esteem Siswa Melalui Pembelajaran Humanistik Berbasis Pendidikan Matematika Realistik.
Nopriyanti, T D, Erlina, M., & Andinasari. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK PGRI 2 Palembang. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana, 687–695.
Nopriyanti, Tika Dwi, & Erlina, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realisticmathematic Education ( Rme ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK PGRI 2 Palembang.
Noviyana, H., & Fitriani, D. (2019). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 829.
Pratama, S. C., Masi, L., & Rosdiana. (2014a). Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 99–113.
Pratama, S. C., Masi, L., & Rosdiana. (2014b). Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 5 No. 1 Januari 2017. 2(2), 99–113.
Primayani, D., & Mardianti. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik ( PMR ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(1), 90–94.
Primayani, D., & Mardiati, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 90–94. https://doi.org/10.37755/sjip.v5i1.161
Putriana, Refianti, R., & Rosalina, E. (2020). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. 3(1), 45–51.
Realistik, M., & Materi, P. (2015). yaitu 2,44 > 1,67, dengan demikian H. II(April), 132–143.
RI, U. U. (2003). UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal. In Kemendiknas.
Ria, A. S. P. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas VII SMP. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–9.
Rista, L., Eviyanti, C. Y., & Matematika, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Esteem Siswa Melalui Pembelajaran Humanistik Berbasis Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1153–1163.
Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23
Salsabilla, A. (2020). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. 01(01), 9–12.
Samosir, L., & Saragih, R. F. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik ( PMR ). Semnastika Unimed, 107–111.
Sarbiono. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 163–173.
Sarbiyono. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 949. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p949-956
Simamora, R. (2020). Model Realistic Mathematic Education ditinjau dari Aspek Kemampuan Pemecahan Masalah Aljabar. Jurnal Math Educator Nusantara ( JMEN ), 6, 22–29.
Simamora, R., Studi, P., Matematika, P., & Medan, K. (2020). Model Realistic Mathematic Education Ditinjau Dari Aspek Kemampuan Pemecahan Masalah Aljabar. 6, 22–29.
Sulianto, J., & Prabowo, K. E. (2019). Implementasi Pembelajaran Rme ( Realistic Mathematic Education ) Terhadap Penalaran Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN Karangayu 02 Semarang. 3(1), 1–5.
Sulianto, J., & Prabowo, K. eko. (2013). Implementasi Pembelajaran RME ( Realistic Mathematic Educarion) Terhadap Penalaran dan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN Karangayu 02 Semarang. 03(02), 1–5.
Susana, D. (2014). Basic_calculation_Al#29L. 17.
Susanti. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa MTs Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 92. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.4148
Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103
Yudha, O. A., Rosmaiyadi, & Nurhayati. (2019a). Pengaruh Model MEA dengan Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Perbandingan Kelas VII. Journal Of Educational Review and Research, 2(1), 46–54.
Yudha, O. A., Rosmaiyadi, R., & Nurhayati, N. (2019b). Pengaruh Model MEA dengan Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Perbandingan Kelas VII. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 46. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1852