PENGARUH PEMANFAATAN ALAT PERAGA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NURUL IMAN NW KEMBANG KERANG LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v3i2.1005Keywords:
Pemanfaatan, Alat Peraga, Kearifan Lokal, Hasil Belajar, MTs Nurul Iman NW.Abstract
Penelitian yang telah dilakukan ini tentang pengaruh pemanfaatan alat peraga berbasis kearifan lokal terhadap peningkatan hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan alat peraga berbasis kearifan lokalterhadap peningkatan hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan model One-Group Pretest- Posttes Design. Teknik analisis data menggunakan pre test dan post test menggunakan rumus uji pengaruh atau uji t, sebelum data dianalisis menggunakan uji t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas.Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap analisis data dengan menggunakan uji t. Jika t hitung < t tabel maka perbedaan test tidak signifikan atau bisa dikatakan tidak memiliki pengaruh, sebaliknya jika
thitung > ttabel maka perbedaan tes signifikan atau bisa dikatakan memiliki pengaruh. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai thitung (6,11) lebih besar dari ttabel (2,04). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alat
peraga alam terhadap peningkatan hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.
References
Arsyad, Azhar. 1995. Media Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.
Dirjen Dikdasmen, No.024/c/kep/R.1994
Dediknas. 2006. Kurikulum Pendidikan Dasar. Dirjen Dikdasmen: Jakarta.
Iskandar, Srini. 1997. Pendidikan IPA. Jakarta: Depdikbud
Julaiha, J., Islahudin, I., Sabaryati, J, (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbantukan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Negeri 3 Mataram. ORBITA : Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 3(2), 1-7
Khanafiah, Siti. 2005. Metode Eksperimen Fisika. Diktat Kuliah. Semarang: Jurusan Fisika FMIPA UNNES.
Nurkancana, dkk. 1991. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
_________. 1983. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sugiono 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & d. Bandung: CV Alfabeta.
________. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & d. Bandung: CV Alfabeta.
Suparno, Paul. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.