EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA FISIKA MATERI GELOMBANG DAN OPTIK TAHUN AKADEMIK 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.1028Keywords:
Metode multirepresentasi, pemahaman konsep.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas pembelajaran multirepresentasi untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa Fisika materi Gelombang Optik Tahun Akademik 2018/2018. Desainpenelitian ini adalah Pre-Eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design . Tenik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berbentuk esay. Teknik pengumpulan data dengan pretest dan posttes kemudian data dianalisis menggunsksn teknik Gain Standar. Nilai Gain Standar yang diperoleh adalah 0,69 berada pada kategori sedang. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa metode multirepresentasi dapat menigkatkan pemahaman konsep mahasiswa
Pendidikan fisika pada matakuliah gelombang optik tahun akademik 2018/2019.
References
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrul., Ananda,R., & Rosnita. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Budiharti, R. 2011. Kemampuan Mahamahasiswa Prodi Fisika Dalam Mengembangkan Tes Essey Materi Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika,Volume 1(1) .
Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.
Harjanto,. 2006. Perencanaan Pengajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Koyan,W. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Undiksha Press.
Nurkancana, W & Sunartana, P.P.N. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Osnal., Suhartoni., & Wahyudi, I. 2016. Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop Di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang Tahun 2014/2015. Pancaran, Vol. 5, No. 1, hal 67-82.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2011. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.
Sanjaya, W. 2008. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Santrock, J. W. 2008. Psikologi Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N & Ibrahim. 2014. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensido
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.