PENGEMBANGAN KIT FLUIDA ALTERNATIF YANG BERASAL DARI SAMPAH ANORGANIK UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1185Keywords:
Alternative Fluid Kits, Inorganic Waste, Physics LearningAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengembangkan kit fluida alternatif pada pembelajaran fisika. Kit fluida alternatif ini dibuat dengan memanfaatkan sampah anorganik yang sudah tidak digunakan. Sampah anorganik adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non-hayati, baik berupa produk sintetik maupun hasil proses teknologi pengolahan bahan tambang atau sumber daya alam dan tidak dapat diuraikan oleh alam, seperti botol plastik, tas plastik, kaleng dan lain-lain. Alat-alat yang terdapat pada kit fluida alternatif adalah alat peraga kapal selam sederhana, alat peraga aliran air, alat peraga pompa air tekanan udara, alat peraga barometer botol, alat peraga roket tekanan udara, dan alat peraga helikopter sederhana. Alat-alat peraga ini disusun dalam satu kotak dan mudah dibawa (portable). Kotak inilah yang disebut dengan kit fluida alternatif. Kit fluida ini diterapkan pada pembelajaran IPA (Fisika) di SD Negeri 6 Mataram. Respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan integrasi kit fluida alternatif adalah 78 % menyatakan sangat setuju dan hanya 22 % yang menyatakan setuju dan tidak ada yang memilih tidak setuju. Berdasarkan data ini, disimpulkan bahwa pembelajaran IPA (fisika) di SD Negeri 6 Mataram dengan integrasi kit fluida alternatif mendapat respon baik dari peserta didik.
Â
Kata kunci: Kit Fluida Alternatif; Sampah Anorganik; Pembelajaran Fisika
Â
ABSTRACT
This research aims to develop alternative fluid kits in learning physics. This alternative fluid kit is made using inorganic waste that is not used. Inorganic waste is waste generated from non-biological materials, either in the form of synthetic products or the results of the processing technology of mining materials or natural resources and cannot be broken down by nature, such as plastic bottles, plastic bags, cans and others. The tools contained in the alternative fluid kit are simple submarine props, water flow props, air pressure water pump props, bottle barometer props, air pressure rocket props, and simple helicopter props. These props are arranged in one box and are easy and portable. This box is called the alternative fluid kit. This fluid kit is applied to learning science (physics) in SD Negeri 6 Mataram. Learners' responses to learning with the integration of alternative fluid kits is 78% stating strongly agree and only 22% who agree and no one chooses to disagree. Based on this data, it was concluded that learning science (physics) at SD Negeri 6 Mataram with the integration of alternative fluid kits received good responses from students.
                                                                                                              Â
Keywords:Â Alternative Fluid Kits; Inorganic Waste; Physics Learning
References
Borg.WR & Gall. MD. (1983). Educational Reseach. New York: Longman
Klinger, Walter. 1997. Survey of Teaching Methods in Natural Sciences Erziehungswiss: Fakultat der Universtat: Erlangen-Nurnbe.
Klinger. (1997). Survei Metoda Pengajaran dalam Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : SEQIP
Khaerudin. (2002). Model Pembelajaran Suplemen Melalui Permainan Remi Fisika. Mataram: Universitas Mataram.
Merriem Webster. (1953). Webster’s Dictionary. Miamy Florida: PSI and Ass Inc
Nurkencana, dkk. (1986). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Usaha Offset Print
Semiawan. (1988). Pendidikan Keterampilan Proses. Jakarta: PT Gramedia.
Syahrial A. (2003). Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar IPA Melalui Optimalisasi Penggunaan Kit IPA di SLTP Negeri 6 Mataram. Mataram: Lembaga Penelitian Universitas Mataram.
Syahrial A. (2001). Studi Penggunaan Kit IPA SD di Kodya Mataram. Mataram : Lembaga Penelitian Universitas Mataram.
Winataputra. (1996). Belajar dan Pembelajaran MIPA. Jakarta : Universitas Terbuka
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.