PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR FISIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1192Keywords:
Learning Media Development, Physics Turn Wheel, Learning Motivation.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) Fisika pada kelas VIII.C di MTs Al-Raisiyah Mataram, menggunakan media pembelajaran berbasis roda putar fisika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian research and developmen. Media pembelajaran roda putar IPA Fisika ini berbentuk game alat peraga untuk memotivasi belajar siswa pada materi pesawat sederhana. Media ini divalidasi oleh 4 ahli, 1 ahli media dan 3 ahli fisika yang menunjukan bahwa hasil untuk kriteria pendidikan 4 ahli memberikan nilai A, untuk kriteria tampilan 2 ahli memberikan nilai A satu ahli memberikan nilai B dan C dan kriteria teknis 4 ahli memberikan niali A. Media roda putar fisika yang dikembangkan juga memiliki kriteria yang sangat baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 75% bila dibandingkan sebelum menggunakan roda putar fisika yaitu sebesar 56,25%. Peningkatan motivasi belajar secara klasikal juga berada pada kriteria sedang dengan normalisasi gain sebesar 0,42. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran roda putar fisika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII.C di MTs Al-Raisiyah Mataram 2016-2017.
Â
Kata kunci : Pengembangan Media pembelajaran; Roda Putar Fisika; Motivasi Belajar.
Â
ABSTRACT
This study aims to develop learning media on Physics (IPA) Physics subjects in class VIII.C at MTs Al-Raisiyah Mataram, using a learning wheel based on physics spinning wheels to increase student motivation. This research is a research and development research. The physics science learning wheel media in the form of game props to motivate student learning on simple aircraft material. This media was validated by 4 experts, 1 media expert and 3 physicists who showed that the results for the educational criteria 4 experts gave a value of A, for display criteria 2 experts gave an A value one expert gave a value of B and C and technical criteria 4 experts gave a value of A The physics spinning wheel media developed also has very good criteria to increase student motivation by a percentage of 75% compared to before using the physics spinning wheel that is equal to 56,25%. Increased motivation to learn classically is also in the medium criteria with a normalization gain of 0,42. Based on the results of this study it can be concluded that the learning media of the physics turning wheel can increase the motivation of students in class VIII.C at MTs Al-Raisiyah Mataram 2016-2017.
Â
Keywords : Learning Media Development; Physics Turn Wheel; Learning Motivation.
References
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi aksara
Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: PT raja grafindopersada
AzwarSaifuddin. (2014). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustakapelajar offset
Fathiah, Alatas, dkk. (2014). Penggunaan Alat Peraga Rotation Timer Dan Roda Fleksibel Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa. UIN Syarif Hidayatullah, JPPI, 1(1), 60
Mikraj, Abdul., Utami, L. S., & Zulkarnain, Z. (2019). Pengaruh Buletin Fisika Berbentuk Buku Saku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MAN 2 Bima Kelas X Materi Hukum Newton Tahun Pelajaran 2018/2019. ORBITA:Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 5-14
Murdaka, Bambang. Dkk. (2013). Fisika Dasar Edisi 2. Yogyakartta: C.V ANDI OFFSET
Noni istifar, R. dkk. (2015). Penerapan Pembelajaran TGT Dengan Roda Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa SMKN I Tempel.Universitas Negeri Yogyakarta, 14(1).
Nurlaelah, N., Sabaryati, J., & Zulkarnain, Z. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Pop Up Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Materi Cahaya Dan Alat Optik Kelas VIII SMPN 19 Mataram. ORBITA:Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 15-22
Ibrahim, I., Utami, L.S.., Darmayanti, N.W.S, (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Game Fisika Asik (Gasik) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Kelas VIII Materi Pokok Cahaya Dan Sifat- Sifat Cahaya. ORBITA:Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 4(2), 6-17
Isnaini, M., Sabaryati, J., & Fadillah, Alfiah, (2019). Pengembangan LKS G-JKO Pada Mata Pelajaran IPA Fisika Siswa MTs Al-Raisiyah Mataram. ORBITA:Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 15-22.
Sadirman. (2016). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Gravindo persada
Sudijono, A. (2007). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravido Persada
Triyani, L., Islahudin, I., & Darmayanti, N.W.S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kalseg Fisika Untuk Meningkatkan Pemahamn Konsep Siswa Kelas X Materi Usaha. ORBITA:Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 33-34,
Sudjana, Nana. (2015). Media pengajaran. Bandung: Sinar baru algesindo
Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif san R dan D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.