PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS SOFTWARE ELECTRONICS WORKBENCH (EWB) UNTUK MENUNJANG PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR I
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1394Keywords:
laboratorium virtual, electronics workbench, elektronika dasar IAbstract
ABSTRAK
Perkuliahan elektronika dasar I perlu ditunjang dengan laboratorium virtual berbasis software. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan laboratorium virtual berbasis electronics workbench terhadap pemahaman konsep mahasiswa pada elektronika dasar I. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampel. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika semua angkatan, FKIP, Universitas Muhammadiyah Mataram. Adapun sampel penelitian adalah mahasiswa angkatan 2018 yang sedang menempuh elektronika dasar I. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pre-experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Teknik analisis data menggunakan pretest dan posttest dengan rumus uji pengaruh atau uji-t pada taraf kepercayaan 95%. Adapun peningkatan pemahaman konsep elektronika dasar I antara sebelum dan sesudah menggunakan software electronics workbench dihitung menggunakan uji gain ternormalisasi (N-Gain). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai thitung (= 9,680) > ttabel (= 2.447) pada taraf kepercayaan 95% sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Adapun peningkatan pemahaman konsep elektronika dasar I ditunjukkan dengan N-Gain sebesar 0,552 dan berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan laboratorium virtual berbasis electronics workbench untuk menunjang pemahaman konsep mahasiswa pada perkuliahan elektronika dasar I.
Â
Kata kunci: laboratorium virtual; electronics workbench; elektronika dasar I
Â
ABSTRACT
In lecturing basic electronics I, learning needs to be supported by a software-based virtual laboratory. This study aims to find out how much influence the use of electronics workbench-based virtual laboratories on understanding the concept of basic electronics I for students. The sampling technique is purposive sampling. The population of this study was all physics education students, FKIP, Muhammadiyah University of Mataram. The research sample is a class of 2018 students who are taking lecture of basic electronics I. The type of research is a pre-experimental design research. The research design used by one group pretest-posttest design. Analysis techniques of data using pretest and posttest with the influence test formula or t-test at a 95% confidence level. The increase in understanding of the concept of basic electronics I between before and after using electronics workbench software is calculated to use of the normalized gain test (N-Gain). The calculation results show that the value of tcount (= 9,680) > ttable (= 2,447) at 95% confidence level so that the alternative hypothesis (Ha) is accepted. As for the increase in understanding of the concept of basic electronics I the value is shown by N-Gain with value 0.552 and it is in the medium category. Based on the results of the study it can be concluded that there is a significant influence use of electronics workbench-based virtual laboratories to support understanding the concept of lecturing basic electronics I for students.
Â
Keywords: virtual laboratory; electronics workbench; basic electronics I
References
Ali, M. (2012). Modul Simulasi Rangkaian Elektronika Analog Dan Digital Dengan EWB. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 2(2), 186-195.
Islahudin, I., Khaerani, S., & Zulkarnain, Z. (2018). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis EWB (Electronics Workbench) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa IPA Kelas XII IPA Ma NW Darussalimin Sengkol, Batukliang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 4(2), 47-51.
Islahudin, I., & Sabaryati, J. (2018). Pelatihan Pemasangan Lampu Listrik Bersaklar Di Rumah Tangga Menggunakan Konsep EWB (Electronics Workbench) Bagi Siswa SMKN I Batu Kliang Utara Desa Aik Beriq Kecamatan Batu Kliang Utara Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2017. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 1(2), 5-8.
Islahudin. (2018). Buku Ajar Dasar-dasar Elektronika Analog, Digital, dan Sensor. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.