MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.1475Keywords:
discovery, hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa di SMA. Jenis penelitian adalah pra-eksperimental dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI Minat Sains (IPA) 1 di SMAN 1 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020 sejumlah 35 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-test dan Post-test Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi penerapan model discovery learning dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase penerapan model discovery learning meningkat, dari 83% menjadi 96%, yang berarti kualitas pembelajaran yang lebih baik, dan (2) hasil belajar siswa juga meningkat, dari 25 menjadi 84 dengan ketuntasan klasikal 0% menjadi 86%. Dengan demikian, model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa di SMA.
Â
Kata kunci: discovery; hasil belajar.
Â
ABSTRACT
The purpose of this study is to describe the application of discovery learning models to improve student physics learning outcomes in high school. This type of research is pre-experimental with research subjects namely students of class XI Interest in Science (IPA) 1 at SMAN 1 Kediri in the 2019/2020 Academic Year a number of 35 people. The research design used is One Group Pre-test and Post-test Design. The instrument used in this study was an observation sheet applying the discovery learning model and learning achievement test. The results showed that: (1) the percentage of application of the discovery learning model increased, from 83% to 96%, which means better quality of learning, and (2) student learning outcomes also improved, from 25 to 84 with classical completeness of 0% to 86%. Thus, the discovery learning model can improve student physics learning outcomes in high school.
Â
Keywords: discovery; learning outcomes.
References
Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Pembinaan SMA-Ditjen Pendidikan Menengah. (2014). Pembelajaran Fisika melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA-Ditjen Pendidikan Menengah.
Jufri, A. Wahab. (2010). Belajar dan Pembelajaran Sains. Lombok Barat NTB: Arga Puji Press.
Lidiana, H., Gunawan, Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 33-39.
Martaida, T., Bukit, N., Ginting, E., M. (2018). The Effect of Discovery Learning Model on Student’s Critical Thinking and Cognitive Ability in Junior High School. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7 (6), 01-08.
Puspendik. (2018). https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasilun/ diakses tanggal 5 Februari 2019.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Suprihatiningrum, Jami. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suyono dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.