HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA PADA PERKULIAHAN DENGAN PROJECT BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.14925Keywords:
project based learning, learning outcomes.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika pada perkuliahan dengan Project based Learning (PjBL). Penelitian eksperimen ini menggunakan desain: one shot case study. Subyek penelitian terdiri dari 19 orang mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Administrasi dan Manajemen Sekolah, pada Semester Genap 2023, di Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Mataram. Penelitian dimulai sejak 14 Februari hingga 28 Maret 2023, dengan jumlah pertemuan sebanyak 7 kali. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 butir soal yang diberikan pada pertemuan ke-8. Hasil belajar mahasiswa dinyatakan dalam bentuk persentase. Mahasiswa dinyatakan tuntas belajar secara individual apabila memperoleh nilai minimal 75. Ketuntasan klasikal diperoleh apabila minimal 80% mahasiswa tuntas belajar secara individual. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata mahasiswa sebesar 83, dengan ketuntasan klasikal sebesar 89%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan PjBL pada perkuliahan Administrasi dan Manajemen Sekolah dapat menuntaskan hasil belajar mahasiswa calon guru fisika.
Â
Kata kunci: project based learning; hasil belajar.
Â
ABSTRACT
This study aims to describe the learning outcomes of Physics Education Study Program students in Project-based Learning (PjBL) lectures. This experimental research uses a design: one shot case study. The research subjects consisted of 19 students taking School Administration and Management courses, in Even Semester 2023, at the Physics Education Study Program, FKIP, University of Mataram. The research started from 14 February to 28 March 2023, with a total of 7 meetings. The research instrument used was an essay test with 5 questions given at the 8th meeting. Student learning outcomes are expressed in percentage form. Students are declared to have completed learning individually when they obtain a minimum score of 75. Classical completeness is obtained when at least 80% of students have completed studying individually. From the research results, it was obtained that the average student score was 83, with classical completeness of 89%. Therefore, it can be concluded that the application of PjBL in School Administration and Management lectures can complete the learning outcomes of prospective physics teacher students.
Â
Keywords: project based learning; learning outcomes.
References
Ardimen, A., Yulitri, R., & Gustina, G. (2019). Penerapan Metode Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Metodologi Penelitian Bidang Konseling. Lentera Pendidikan, 22(1), 64–80.
Diarini, I., Ginting, M., & Suryanto, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Melalui Pembelajaran Daring Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 253–265. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya
Hiasa, F., & Supadi, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matakuliah Sastra Bandingan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i1.9476
Hikmawati, H., Suastra, I. W., & Pujani, N. M. (2020). Ethnoscience-Based Science Learning Model to Develop Critical Thinking Ability and Local Cultural Concern for Junior High School Students in Lombok. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 60. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.530
Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162–5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3128
Manggala, D. K. D., & Nugraha, I. N. P. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Teknik Elektronika …, 7(4), 2005–2012. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1757
Meishanti, O. P. Y. (2020). Project Based Learning Berbasis Stem Design Thinking Process Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Matakuliah Biologi Umum. Eduscope, 05(02), 40–55. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/822
Moh Rahra, S., Arbie, A., & Buhungo, T. J. (2021). Pengaruh Google Classroom Berbasis Web Dengan Implementasi Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(2), 40–46. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPF/article/view/39286
Muliaman, A. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Berorientasi eXe Learning dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 51–57. https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.956
Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175.
Nainggolan, D., Pontororing, H. F., & Tinus, D. (2021). the Implementation of Project Based Learning To Improve Student Learning Outcomes in Study About “Pengantar Pancasila.†Educouns Journal: Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 132–138. https://doi.org/10.53682/educouns.v2i2.3478
Nisah, N., Widiyono, A., Lailiyah, N. N., Pendidikan, P., & Sekolah, G. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 114–126. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882
Nusa, J. G. N. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Vulkanologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 210–214. https://doi.org/10.36312/jime.v7i2.2041
Purwanto, A., Putri, D. H., & Hamdani, D. (2021). Penerapan Project Based Learning Model Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa Dalam Rangka Menghadapi Era Merdeka Belajar. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.25-34
Retno, R. S. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Content Video Pada Pembelajaran Konsep Dasar Sains Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah …, 10(1), 1–11. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/19850%0Ahttps://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/download/19850/10882
Sakti, I., Nirwana, N., & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Ipa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42
Sanusi, R., Aida, D. N., Saripudin, A., Wahidin, D., & Hanafiah, H. (2023). Manajemen Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1740–1746. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1615
Setiono, P., Yuliantini, N., & Dadi, S. (2020). Meningkatkan Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(1), 86–92. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.1.85-92
Simaremare, J. A., Sihombing, L. N., Sirait, J., & Purba, N. (2022). Penerapan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. Jurnal Keguruan Sekolah Dasar, 03(02), 82–98.
Sutamrin, S., & Khadijah, K. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Project Based Learning Aljabar Elementer. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 28–41. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.892
Triantoro, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Untuk Membantu Meningkatkan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 13–22. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1962
Vahlepi, S., Helty, & Tersta, F. W. (2021). Implementasi Model Pembelaaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tabusai, 5(3), 10153–10159.
Winarni, E. W., & Koto, I. K. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) dengan Model Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Perkuliahan IPA Pendidikan Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 134–144. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.13875
Zega, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Inovatif Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4398–4407. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2861
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.