EFEKTIFITAS PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA

Authors

  • Dwi Pangga Universitas Pendidikan Mandalika
  • Sukainil Ahzan Universitas Pendidikan Mandalika
  • Lintang Pratama Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.1510

Keywords:

effectiveness, learning outcomes, concept understanding

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa kelas XI MA Al-Istiqomah NW Bedus melalui penerapan video pembelajaran berbasis microsoft powerpoint. Data hasil belajar dan pemahaman konsep siswa diperoleh melalui data kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experimental dengan one group pretest posttest design. Data kuantitatif diperoleh melalui pretest dant posttest yang meliputi tes hasil belajar dan tes pemahaman konsep. Sedangkan data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi dan angket kelayakan media video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa termasuk dalam katagori sangat baik dengan nilai N-gain 71%. Sementara hasil tes pemahaman konsep menunjukkan pemahaman siswa masih rendah dengan persentasi nilai rata-rata masih di bawah 50%.

 

Kata kunci: efektifitas; hasil belajar; pemahaman konsep

 

ABSTRACT

This study aims to improve learning outcomes and conceptual understanding of students of class XI MA Al-Istiqomah NW Bedus through the application of learning videos based on Microsoft PowerPoint. Data on learning outcomes and students' understanding of concepts are obtained through quantitative and qualitative data. This type of research is a quasi experimental study with one group pretest posttest design. Quantitative data were obtained through pretest and posttest which included learning achievement tests and concept understanding tests. While qualitative data were obtained through observation sheets and the feasibility questionnaire of instructional video media. The results showed that student learning outcomes included in the category are very good with an N-gain value of 71%. While the results of the concept understanding test show that students' understanding is still low with an average value percentage below 50%.

 

Keywords: effectiveness; learning outcomes; concept understanding

References

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Furqon Ahzan Sukainil, Pangga Dwi. (2015). Pengaruh Pendekatan Sceintific terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa. E-saintika 3(1). 244-247.

Hamdani Dedy., dkk. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu.Jurnal Exacta, 10(1). 12-20.

Jufri. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Dica Press.

Lara S Devi, Ahzan sukainil, Pangga Dwi. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Berbasis Gambar Materi Getaran dan Gelombang. e-saintika, 1(2).

Maulana, Ahmad, dkk. (2013). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Service Engine dan Komponen-Komponennya.Automotive Science and Education Journal. 2(2).

Pangga Dwi, dan Sabda Dwi. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran pada Pokok Bahasan Identifikasi Kandungan Material Berbasis Riset dan Kearifan Lokal. Lensa Kependidikan Fisika. 4(2). 77-81.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sagala Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sekar U. Linda, Sri D. Ni Wayan. (2019). Efektifitas Pembelajaran Multi representasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Fisika Materi Gelombang dan OptikTahun Akademik 2018/2019. Orbita. 5(1).

Sudjana, (2013). Dasar-Dasar Prosess Belajar Mengajar. Yogyakarta: PT Algesindo.

Sudjana Nana, Rivai Ahmad. (2015). Media Pengajaran. Bandung. Sinar Baru : Algensindo.

Suprijono, A. (2013).Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2020-05-10

Issue

Section

Articles