PENGEMBANGAN E-MODUL KEARIFAN LOKAL BERBANTUAN APLIKASI FLIPPING BOOK PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI SMP NEGERI 3 KABILA

Authors

  • Septian Halim Iman Universitas Negeri Gorontalo http://orcid.org/0009-0004-4804-435X
  • Muhammad Yusuf Universitas Negeri Gorontalo
  • Tirtawaty Abdjul Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Haris Odja Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.16812

Keywords:

e-module, local wisdom, flipping book, validity, practicality, effectiveness.

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan kevalidan E-Modul Kearifan Lokal berbantuan Aplikasi Flipping Book pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi E-Modul Kearifan Lokal berbantuan Aplikasi Flipping Book oleh 2 (dua) validator memperoleh nilai rata-rata validasi 3,74 dan berada pada kategori valid dan bisa digunakan; (2) Aspek kepraktisan menunjukkan bahwa observasi keterlaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata persentase 92,73% dengan kriteria sangat baik. Respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase yaitu 98,14% dengan kriteria sangat baik. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan praktis; dan (3) Aspek keefektifan menunjukkan bahwa observasi aktivitas peserta didik memperoleh rata-rata persentase pada uji coba 87,58% dengan kriteria sangat baik. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan efektif.

 

Kata kunci: e-modul; kearifan lokal; flipping book; validitas; kepraktisan; keefektifan

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to describe the validity, practicality, and validity of the Local Wisdom E-Module assisted by the Flipping Book Application on Vibration, Waves and Sound Material. The results showed that (1) the validation results of the Local Wisdom E-Module assisted by the Flipping Book Application by 2 (two) validators obtained an average validation value of 3.74 and were in the valid and usable category; (2) The practicality aspect shows that the observation of the implementation of learning obtains an average percentage of 92,73% with very good criteria. Student responses obtained an average percentage of 98,14% with very good criteria. The results obtained show that the developed E-Module is practical; and (3) The aspect of effectiveness shows that the observation of students' activities obtains an average percentage in the tryout of 87,58% with very good criteria. The results obtained indicate that the developed E-Module is effective.

 

Keywords: e-module; local wisdom; flipping book; validity; practicality; effectiveness.

Author Biography

Septian Halim Iman, Universitas Negeri Gorontalo


References

Abdjul, T., Ntobuo, N. E. & Payu, C. (2019). Development of Virtual Laboratory-Based of Learning to Improve Physics Learning Outcomes of High School Students. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 15(2), 97–106.

Afriani. (2018). Pembelajaran Kontekstual dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Al-Mutaaliyah, 3(1), 80–88.

Alkhalim. (2013). Penerapan Media Gambar Atau Foto Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Uang Di SMA 4 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3), 1–13.

Asmiyunda, A., Guspatni, G. , & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 155–161.

Budiarso, A. S. (2017). Analisis Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Edukasi, 4(2), 15–20.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional RI.

Gay, L. R. (1991). Educational Evaluation and Measurement: Com-petencies for Analysis and Application. Macmillan Publishing Compan.

Mustami, M. K., Mardiyana, & Maryam. (2017). Validitas, Kepraktisan, dan Efektivitas Perangkat Pembelajaran Biologi Integrasi Spiritual Islam. Jurnal Al-Qalam, 23(1), 70–77.

Nugroho, M. K. C., & Hendrastomo, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Google Sites pada mata pelajaran Sosiologi kelas X. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(2), 59–70.

Nurwahid, F. (2017). Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Pemahaman Orang Tua Tentang Pola Asuh Di Program Parenting Paud Strawberry Kota Salatiga.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sians Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 151–156.

Rhohman, M. F. F., Suyanto, S., & Ratnawati. (2018). Pengembangan E-modul Pengayaan Keanekaragaman Jenis Tanaman Umbi Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Gunung Kidul untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Kognitif Siswa kelas X SMA. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 7(3), 168–178.

Septiana. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Belajar di SD/MI.

Suardana, I. N., Redhana, I. W., & Selamet, K. (2020). Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Bali dengan Pola Lesson Study di SMP Negeri 4 Singaraja. Prosiding Senadimas Undiksha, 1799–1804.

Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengembangan Modul Matematika Diskrit Berbentuk Digital dengan Pola Pendistribusian Asynchronous Menggunakan Teknologi Open Source. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 7(1), 58–72.

Sugiyono. (2017). Metodelogi penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara.

Wati, M., Apriani, R., Misbah, Miriam, S., & Mahtari. (2021). Pengembangan E-modul Suhu dan Kalor Bermuatan Kearifan Lokal melalui Aplikasi Sigil. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 112–121.

Yusuf, B. B. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2), 13–20.

Downloads

Published

2023-11-04

Issue

Section

Articles