PENGEMBANGAN MEDIA FLIPPINGBOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI SMP NEGERI 3 KABILA
Keywords:
development, local wisdom, media flippingbookAbstract
ABSTRAK
Teknologi yang dikembangkan dalam pembelajaran akan lebih baik jika dihubungkan dengan kearifan lokal, salah satunya yakni penggunaan media pembelajaran berbantuan aplikasi flippingbook berbasis Kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kualitas (Validitas, Kepraktisan dan keefektifan) pengembangan media flippingbook pdi SMP Negeri 3 Kabila. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan pengembangan model  ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil nilai rata-rata validasi sebesar 3,69 dan berada pada kategori “validâ€; (2) Aspek Kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik. Persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran selama 3 pertemuan diperoleh rata-rata persentase sebesar 85% dengan kriteria “Baik†dan hasil rata-rata persentase dari angket respon peserta didik untuk keempat aspek diperoleh hasil rata-rata persentase untuk pernyataan positif sebesar 83% dan berada pada kriteria “Baikâ€; (3) Aspek keefektifan hanya ditinjau dari aktivitas peserta didik yang diperoleh persentase aktivitas peserta didik  sebesar 85% dengan kriteria “Baikâ€. Maka, diperoleh kesimpulan bahwa kualitas Media Flippingbook berbasis Kearifan Lokal yang dikembangkan memenuhi aspek valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Â
Kata kunci: pengembangan; kearifan lokal; media flippingbook
Â
ABSTRACT
Technology developed in learning will be better if connected to local wisdom, one of which is the use of assisted learning media applications based on local wisdom. This research aims to describe the quality (Validity, Practicality, and Effectiveness) of the development of the flippingbook media  at SMP Negeri 3 Kabila. This research is a type of development research (R&D) with the development of ADDIE models (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The results of the study showed that (1) The average validation value is 3.69 and is in the “valid†category; (2) The practical aspects are reviewed from the implementation of learning and response of students. The average percentage of learning implementation for meetings 1-3 is 85% with the criteria “ Good †and the average percentage of student response questionnaires for the four is 83% and is in the “ Good †criteria; (3) The effectiveness aspect is reviewed from students activities and obtain  an average student activity score 85% with criteria “ Good â€. So, the conclusion was obtained that the quality of the Local Wisdom-based Flippingbook Media is valid, practical and effective for use in classroom learning.
Â
Keywords: development; local wisdom; media flippingbook
References
Ahmad, M. (2018). Validitas Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya Mandailing dalam Membelajarkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol. 6(2), 1–8. https://doi.org/10.37081/ed.v6i2.695
Awwaliyah, H. S., Rahayu, R., & Muhlisin, A. (2021). Pengembangan e-modul berbasis flipbook untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP tema cahaya. Indonesian Journal of Natural Science Education. Vol.4(2), 516-523
Arikunto. Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018. Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendi. Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234-244. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819
Fatmawati, I., Handhika, J., & Kurniadi, E. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Setrada (Seni Tari Dan Drama) Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 8 (1): 14-24. https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.12600
Hidayat, Fitria., & Muhamad, N. (2021). Modell Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. JIPAI; Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam. 1 (1): 28-37
Ilmiah, Ika Iffah. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia Dengan Menggunakan Media Flipbook Html5 Berbasis Video Kontekstual. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(1) : 14-26.
Kurnia, Tia Dwi., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. 2019. Model Addie untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D Pageflip. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM). (Vol. 1, No. 1, pp. 516-525).
Mustofa, M., Putra, P. D. A., & Ridlo, Z. R. (2023). Pengembangan Flipbook Modul Berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2): 81-91. https://doi.org/10.21093/twt.v10i2.5841
Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. 2019. Pengembangan video pembelajaran IPA pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 5(2): 108-114.
Nurakmal, D., Ningsih, K., & Yeni, L. F. (2022). Pengembangan Multimedia Flipbook pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan di Kelas VII SMP/MTS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). Vol. 11 (5): 1-12.
Ntobuo, N.E., & Abdjul, T. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran `Konsep Tekanan Zat di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online). Vol. 7(3): 1-5.
Putri, R. R. R. R., Kaspul, K., & Arsyad, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial,1 (2):93-104. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.46
Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi, Y. (2017). Pengembangan media pembelajaran flipbook pada materi gerak benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4): 326-332. https://doi.org/1019184/jpf.v6i4.6213
Riani, A., Oktavia, M., & Pratama, A. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 7 Siswa Kelas V SD Negeri 06 Payaraman. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4 (4): 1819-1825. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5617
Sakhowati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook di SMA PGRI 1 Kelas XI IPA 1 Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi. Vol 6(1): 46-52. https://doi.org/10.32764/eduscope.v6i1.418
Saparina, M., Suratman, D., & Nursangaji, A. (2020). Kelayakan Flipbook Digital sebagai Media Pembelajaran pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9 (9): 1-11. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i9.42466
Sandy, D. N., Cholily, Y., M., Zukhrufurrohmah, Z., & Ummah, S. K. (2022). Pengembangan Flipbook Bermuatan Literasi Numerasi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Tadris Matematika, Vol 5 (2): 135-148. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.2.135-148
Syahiddah, D. S., Putra, P. D. A., & Supriadi, B. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2 (1) :1 -8.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumu Aksara.
Widyasari, I., Zetriuslita, Z., Istikomah, E., & Herlina, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis flipbook pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP. Jurnal Derivat, 8 (1): 61-71.http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5625
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.