PENCAPAIAN KEMAMPUAN 4C ABAD 21 MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MIND MAPPING
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.17762Keywords:
21st century 4C capabilities, inquiry learning, mind mapping, descriptive research method.Abstract
ABSTRAK
Kemampuan 4C abad 21 terbukti sangat diperlukan mahasiswa terutama untuk angkatan 2022 yang sudah menerapkan kurikulum merdeka. Hal ini dikarenakan, kemampuan tersebut akan membantu selama perkuliahan baik di dalam kampus ataupun di luar kampus. Selain itu, kemampuan 4C Abad 21 akan mempermudah mahasiswa ketika menghadapi permasalahan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pencapaian kemampuan 4C abad 21 mahasiswa. Penelitian dilaksanakan dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, tes, dan wawancara. Sebelum tes diberikan dilakukan pembelajaran selama 4 pertemuan dengan menggunakan model inkuiri berbantuan mind mapping. Hasil dari penelitian pencapaian kemampuan 4C abad 21 mahasiswa melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping pada pembelajaran Fisika Dasar adalah 77% mahasiswa memiliki kemampuan komunikasi (communication) baik, 77% mahasiswa berada pada ketegori kemampuan kolaborasi tinggi, 55% mahasiswa berkategori kemampuan berpikir kreatif baik, dan 55% mahasiswa berketegori kemampuan kritis kurang. Dari keempat kompetensi abad 21 yang dicapai, kompetensi berpikir kritis mahasiswa prodi Sistem Komputer memiliki capaian terrendah dari 3 kompetensi yang lain.
Â
Kata kunci: kemampuan 4C abad 21; pemebelajaran inkuiri; mind mapping; metode penelitian deskriptif
Â
ABSTRACT
The ability of the 4C of the 21st century has proven to be indispensable for students, especially for the class of 2022 who have implemented an independent curriculum. This is because, this ability will help during lectures both on campus and off campus. In addition, the 4C capabilities of the 21st Century will make it easier for students when facing problems in the world of work. This study aims to describe the achievement of 4C abilities of 21st century students. The research was carried out with descriptive methods and the data collection techniques used were, observation, tests, and interviews. Before the test was given, learning was carried out for 4 meetings using a mind mapping-assisted inquiry model. The results of research on the achievement of 4C abilities of 21st century students through the inquiry learning model assisted by mind mapping in Basic Physics learning are that 77% of students have good communication skills, 77% of students are in the category of high collaboration skills, 55% of students are categorized as good creative thinking skills, and 55% of students have less critical ability categories. Of the four 21st century competencies achieved, the critical thinking competence of Computer Systems study program students has the lowest achievement of the other 3 competencies.
Â
Keywords: 21st century 4C capabilities; inquiry learning; mind mapping; descriptive research method.
References
Alfitriyani, N., Pursitasari, I. D., & Kurniasih, S. (2021). Profile of Students’ Critical and Creative Thinking Skills. Proceedings of the 5th Asian Education Symposium 2020 (AES 2020), 566, 328–335. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210715.069
Ariesta, P. N., & Awalludin, S. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(1), 54–67.
Dewa, A. K. D., Sariyasa, S., & Gunamantha, M. (2021). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Bekerjasama Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.259
Fathia, Kaniawati, I., & Utari, S. (2015). Analisis Didaktik Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Korelasi antara Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. JPPPF-Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 111–118.
Hairida, H., Marmawi, M., & Kartono, K. (2021). An Analysis of Students’ Collaboration Skills in Science Learning Through Inquiry and Project-Based Learning. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 6(2), 219–228. https://doi.org/10.24042/tadris.v6i2.9320
Hasan, R., Lukitasari, M., Utami, S., & Anizar, A. (2019). The activeness, critical, and creative thinking skills of students in the Lesson Study-based inquiry and cooperative learning. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(1), 77–84. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7328
Ilma, S., Al-Muhdhar, M. H. I., Rohman, F., & Saptasari, M. (2021). Students Collaboration Skills in Science Learning. Proceedings of the 2nd International Conference on Innovation in Education and Pedagogy (ICIEP 2020), 619, 204–208. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211219.037
Mahanal, S. (2017). Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, 1(September 2014), 1–16.
Makiyah, Y. S., Mahmudah, I. R., Sulistyaningsih, D., & Susanti, E. (2021). Hubungan Keterampilan Komunikasi Abad 21 Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Fisika. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.9412
Makiyah, Y. S., Malik, A., Susanti, E., & Mahmudah, I. R. (2019). Higher Order Thinking Real and Virtual Laboratory ( HOTRVL ) untuk Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21 Mahasiswa Pendidikan Fisika. Diffraction, 1(1), 34–38.
Maryam, M., Kusmiyati, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 206–213. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355
Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Keterampilan Abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37–58. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.37-58
Nuriani, N. R. (2014). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry Berbantuan Pendekatan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 8–18. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i1.233
Oktaviani, H. I. (2014). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa Melalui Model Pemerolehan Konsep. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(3), 263–272.
Ong, A. C., & Borich, G. D. (2006). Teaching Strategies that Promote Thinking: Model and Curriculum Approaches. Mac-Graw Hill.
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Penyusun, T. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.
Pramesti, O. B., Supeno, S., & Astutik, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 4(1), 21–30. https://doi.org/10.19109/jifp.v4i1.5612
Putri, R. (2020). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Inquiry Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Farmasi Pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Manusia. Jurnal Biolokus, 3(2), 298–304. https://doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.754
Qomariyah, N. D., & Subekti, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 242–246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38250
Sayekti, E., Suwono, H., & Sueb, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sains Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, dan Pengembangan, 2(4), 550–555.
Suhartini, E., Supardi, Z. A. I., & Agustini, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(2), 892–902. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n2.p892-902
Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99
Wear, A. S., & Indrawati, R. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri dan Diskusi pada Materi Pokok Bentuk Aljabar terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 159–171. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2489
Wibowo, Y., Widowati, A., & Wijaya, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerjasama Mahasiswa melalui Pendekatan Inquiry pada Mata Kuliah Pendidikan Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 56–62. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132319972/penelitian/Peningkatan+Kemampuan+Berpikir+Kritis+dan+Kerjasama+melalui+Pendekatan+Inquiry+dlm+Prosiding+SEmnas+P.IPA+2012.pdf
Widodo, S., Jatmiko, J., Santia, I., & Katminingsih, Y. (2019). Pemberdayaan Kemampuan Kolaborasi Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Students Teams Achievment Division. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 5(2), 182–189. http://repository.polnep.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/354/03-YANI R.pdf?sequence=1
Wulandari, F., Sukardi, S., & Masyhuri, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Berbantuan Media Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1327–1333. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.752
Zubaidah, S. (2020). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online. December 2016.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.