PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP GERAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (SMP MUHAMMADIYAH 3 KOTA GORONTALO)
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.17766Keywords:
discovery learning, students’ learning outcomes.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen hanya menggunakan satu kelas eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Tempat pelaksanaan penelitian di SMP Muhammadiyah 3 Kota Gorontalo kelas VIII dengan subjek penelitian kelas VIII B dengan jumlah siswa 29. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan berdasarkan penilaian hasil test. Analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Berdasarkan pengujian hipotesis diketahui harga thitung dan ttabel pada kelas VIII B yaitu ttabel 9,41602E-20 dan thitung -23,0583018 maka dapat disimpulkan berdasarkan pengujian hipotesis pada kelas VIII B yaitu thitung < ttabel untuk taraf α = 0.05. Di mana kriteria pengambilan keputusan yaitu Ha diterima atau H0 ditolak. Sehingga keputusan yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 3 Kota Gorontalo. Dilihat dari rata-rata nilai pretest 13,84 dan posttest 52,33 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model discovery learning materi konsep gerak. Berdasarkan pengujian dengan skor nilai gain ternormalisasi (N-Gain) sebesar 0.5 Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berpengaruh positif dengan n-gain kriteria sedang.
Â
Kata kunci: discovery learning; hasil belajar siswa
Â
ABSTRACT
This study aims to determine the influence of the discovery learning model on students’ cognitive learning outcomes. The research uses only one experimental class with a one-group pretest-posttest design. The research was conducted in grade VIII at SMP Muhammaduyah 3 Gorontalo City. The research subjects are students in grade VIII B totaling 29 students. The collection of data on learning outcomes was carried out based on the assessment of test results. Research data analysis used the normality test,hypotesis testing, and N-Gain test. Based on the hypothesis testing, it is found that the value t-table in grade VIII B is 9,41602E-20 and the t-count is -23,0583018. Based on the hypothesis testing in grade VIII B, the c-count > t-table at a level of  = 0,05. Therefore, h0 is accepted, and h1 is rejected. In other words, the discovery learning model influences students’ cognitive learning outcomes in grade VIII B of SMP Muhammadiyah 3 Gorontalo City. Based on the average pretest score of 13,84 and posttest of 52,33, it can be concluded that there is an increase in student’s cognitive learning outcomes using the discovery learning model on the concept of motion material. Based on testing with a normalized gain (N-Gain) score of 0,5. This shows that learning using the discovery learning model positively influences moderate N-Gain criteria.
Â
Keywords: discovery learning; students’ learning outcomes.
References
Abdjul, T., Nova, D., & Ntobuo, E. (n.d.). Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang. In Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) (Vol. 7).
Ana Ma, S., Zulikhatin Nuroh, E., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Muhammadiyah Sidoarjo, U. (2023). PENGARUH MODEL TEAM GAMES-TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV di SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd
Budiastuti, P. N., & Rosdiana, R. (2023). ANALISIS LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS CERITA INSPIRATIF KELAS IX SMP DI KABUPATEN BOGOR UTARA Analysis of the Discovery Learning Learning Model Steps in the Implementation Plan of Inspir. 3(1), 39–45. http://journal.unpak.ac.id/index.php/triangulasi
Fitrah Mawardi, A., & Pasiska, N. (n.d.). COGNITIVE AND AFFECTIVE FACTOR IN LEARNING PROSES (Faktor Kognitif dan Afektif dalam Proses Pembelajaran).
Firmansyah, K. F., & Subekti, H. (2022). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA SISWA SMP. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Januarti, L., ‘Ardhuha, J., Verawati, N. N. S. P., & Gunawan, G. (2023). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Empiricism Journal, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.36312/ej.v4i1.1107
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821
Haris Odja, A., Jenderal Sudirman No, J., & Gorontalo, K. (2023). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP SUHU DAN KALOR. Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1).
Malmia, W., Latbual, J., Hentihu, V. R., Loilatu, S. H., Iqra Buru, U., Negeri, S. D., Jl, W., Basalamah, A., & Namlea, M. (2020). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (The Effectiveness of Contextual Teaching and Learning (CTL) on Student Mathematics Learning Achievements). In Uniqbu Journal of Exact Sciences (UJES) (Vol. 1, Issue 2).
Modeong, I., Rumondor, D. A. S., & Palilingan, S. C. (2022). . Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 4(1), 29.https://doi.org/10.37033/ojce.v4i1.350
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Nikmatul Warodiah, Y., Rokhmat, J., Zuhdi, M., Ayub, S., & Alif Faresta, R. (2023). ANALISIS KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KAUSALITIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS PESERTA DIDIK. 9(1).
Nurbaiti, Y., Mosik, M., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Social Skill Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal Terakreditasi SINTA, 9(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Pambayun, P. P., & Shofiyah, N. (2023). Sikap Siswa terhadap STEM : Hubungannya dengan Hasil Belajar Kognitif dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Paedagogy, 10(2), 513. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.6313
PENERAPAN MODEL PEMBEAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA : BEST PRACTISE Ikay SMP Negeri 2 Cikembar: Kabupaten Sukabumi. (n.d.).
Pratiwi, W. P., Suprapto, E., & Moeawanah, S. (n.d.). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA PADA SISWA KELAS VI SDN 2 GLINGGANGAN.
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (n.d.). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA.
Sintiawati, R., Sinaga, P., & Karim, S. (2021). Strategi Writing to Learn pada Pembelajaran IPA SMP untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Tata Surya. In Journal of Natural Science and Integration (Vol. 4, Issue 1).
Supiadi, E., Sulistyo, L., Fitri Rahmani, S., Riztya, R., Gunawan, H., Kesejahteraan Sosial Bandung, P., Ir Juanda No, J. H., Coblong, K., Bandung, K., Barat, J., Islam Nahdlatul Ulama Jepara, U., Taman Siswa, J., Tahunan, K., & Jepara, K. (2023). Jawa Tengah 3,4 Institut Bisnis Nusantara, Jl. Pulo Mas Timur No.3a, RT.1/RW.16, Kayu Putih. Journal on Education, 05(03).
Shobrina, N. Q., Sakti, I., & Purwanto, A. (2020). PENGEMBANGAN DESAIN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS E-MODUL PADA MATERI MOMENTUM. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 33–40. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.33-40
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.