META ANALISIS PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.18024Keywords:
meta analysis, cooperative, physics learning outcomesAbstract
ABSTRAK
Penelitian meta analisis peningkatan hasil belajar fisika dengan pendekatan kooperatif bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar fisika pada jenjang SMP/sederajat dan SMA/sederajat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis group contrasts. Populasi dalam penelitian ini adalah jurnal penelitian terpublikasi nasional tahun 2013 – 2023 tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar fisika pada platform sumber informasi publikasi ilmiah yakni portal Garba Rujukan Digital (GARUDA). Sampel dalam penelitian ini adalah artikel yang memenuhi kualifikasi inklusi dan eksklusi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif secara umum berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa SMP/sederajat dan SMA/Sederajat. Hasil penelitian tipe kooperatif yang diteliti terdapat beberapa yang tidak berpengaruh terhadap hasil belajar fisika antara lain: tipe Student Team Achievement Divisions (STAD), Make A Match, dan Two Stay Two Stray pada jenjang SMP/Sederajat serta tipe Make A Match pada jenjang SMA/Sederajat.
Â
Kata kunci: meta analisis; kooperatif; hasil belajar fisika
Â
ABSTRACT
Meta-analysis research on improving physics learning outcomes with a cooperative approach aims to determine the effect of using cooperative learning models on physics learning outcomes at the junior high and high school / equivalent levels. The type of research used is a meta-analysis of group contrasts. The population in this study is a national published research journal for 2013 – 2023 on the effect of using a cooperative learning model on physics learning outcomes on the scientific publication information source platform, the Garba Rujukan Digital (GARUDA) portal. The sample in this study is articles that meet the inclusion and exclusion criteria. The results of data analysis show that the use of cooperative learning models in general affects the physics learning outcomes of junior and senior high school students. The results of the cooperative type research studied there are several that do not affect the results of physics learning, including: the type of Student Team Achievement Divisions (STAD), Make A Match, and Two Stay Two Stray at the junior high school and the type of Make A Match at the senior high school.
Â
Keywords: meta analysis; cooperative; physics learning outcomes
References
Amin, M. K., Isnani, I., & Paridjo, P. (2020). Meta Analisis Pengaruh Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika. PRISMA, 9(2), 221. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1072
Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 169–177. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802
Costouros, T. (2020). Jigsaw learning versus traditional lectures: Impact on student grades and learning experience. Teaching & Learning Inquiry, 8(1), 154–172. https://doi.org/10.20343/teachlearninqu.8.1.11
El Hafiz, S., & Himawan, K. K. (2020). Tantangan melakukan kajian literatur psikologi di Indonesia: Masalah mendasar dan solusinya. Jurnal Psikologi Ulayat. https://doi.org/10.24854/jpu125
Erpan, A., Nanda, F. F., Augustini, M. C., & Desnita, D. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 120–128. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.120-128
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran dalam Kaitannya dengan Peningkatan Kualitas Guru. 5.
Hamdayana, J. (2016). Metodologi Pengajaran. PT. Bumi Aksara.
Hasan, P., & Nuroso, W. (2021). [Pendidikan Fisika].
Mulyani, A., Gede Agung, A. A., & Jayanta, I. N. L. (2021). Effect Size Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 46–53. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.29579
Mundilarto. (2010). Penilaian Hasil Belajar Fisika. P2IS UNY.
Mutiara, F. B., Komikesari, H., & Asiah, N. (2019). Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 116–122. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3980
Naibaho, M. R. U., & Hoesein, E. R. (2021). Meta Analisis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 19. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2290
Ngailo, D. W., Muliadi, A., Adawiyah, S. R., Samsuri, T., & Armansyah, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Empiricism Journal, 2(1), 19–28. https://doi.org/10.36312/ej.v2i1.583
Prasetiyo, A. Y., Yusmin, E., & Hartoyo, A. (2014). Meta-Analisis Pengaruh Cooperatif Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa.
Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta. Parama Publishing.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Syaifurrahman, & Ujiati, T. (2013). Manajemen dalam Pembelajaran. Permata Puri Media.
Yaumadina, A. R. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa (Meta-Analisis terhadap Jurnal Nasional Tahun Publikasi 2016–2020) (Bachelor’s thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Yusuf, M. (2017). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Prenada Media.
Zakaria, I., Suyono, S., & Priyatni, E. T. (2021). Dimensi Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(10), 1630. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15072
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.