EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) PADA MATERI KALOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SD KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2152Keywords:
GI type cooperative model, concept understanding.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan LKS pada materi kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SD kelas V. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen. Desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design dimana terdapat Pretest sebelum perlakuan dan posttest setelah perlakuan. Pada penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Tampaksiring sebagai sampel penelitian. Data pemahaman konsep dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep berbentuk tes essay. Data dianalisis menggunakan Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan LKS pada materi kalor efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan gain score 0,40 yang berada pada kategori sedang (berada pada rentangan 0,7 ≥ g ≥ 0,3).
Â
Kata Kunci: Â Model kooperatif tipe GI; Pemahaman konsep.
Â
ABSTACT
This research aims to determine the effectiveness of the GI type worksheets -assisted cooperative learning model on heat material to improve the concept understanding of elementary school students in grade V. The type of this research is Pre-Experimen. The design used is the One-Group Pretest-Posttest Design where there are pretest before treatment and posttest after treatment. In this research using all fifth grade students of SD Negeri 1 Tampaksiring as research samples. Concept understanding data was collected with a concept understanding test in the form of an essay test. Data were analyzed using Gain Score. The results showed that the cooperative learning model of GI type assisted by worksheets on heat material was effective in improving students' understanding of concepts with a gain score of 0.40 in the medium category (in the range of 0.7 ≥ g ≥ 0.3).
Â
Keywords: GI type cooperative model; concept understanding.
References
Aliwu, Y., Hatibe, A., & Rede, A. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SDN No 1 Labuan Bajo. E-Jurnal Mitra Sains.4 (2). Hal 46-53.
Artini., Pasaribu, M., & Husain, S. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ipa pada siswa kelas VI SD Inpres 1 Tondo. e-Jurnal Mitra Sains. 4 (1). Hal 76-83.
Irawan, F. J, & Ningrum. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan (Pkwu) Siswa Kelas X Semester Genap Smk Negeri 1 Metro TP 2015-2016. JURNAL PROMOSI. 4 (2). Hal 61-68.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta Diva Press.
Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning. Second edition. Boston: Allyn and Bacon.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik: Konsep, landasan teoritis-praktis dan implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.