METODE DISKUSI BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3310Keywords:
discussion, LMS, critical thinking skills.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode diskusi berbasis Learning Management System (LMS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa di Kelas IV/A yang mengambil mata kuliah Strategi Pembelajaran Fisika pada Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Mataram, Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 19 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi implementasi metode diskusi berbasis LMS dan tes kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase implementasi metode diskusi berbasis LMS meningkat, dari 75% menjadi 92%, yang berarti kualitas pembelajaran yang lebih baik, dan (2) kemampuan berpikir kritis mahasiswa meningkat dari 54 menjadi 82 dengan ketuntasan klasikal 5% menjadi 89%. Nilai rata-rata N-gain sebesar 60 dengan kriteria sedang. Disimpulkan bahwa metode diskusi berbasis Learning Management System (LMS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada perkuliahan Strategi Pembelajaran Fisika.
Â
Kata kunci: diskusi; LMS; kemampuan berpikir kritis.
Â
ABSTRACT
This study aims to describe the implementation of the Learning Management System (LMS) based discussion method to improve students' critical thinking skills. This research type is pre-experimental with one-group pretest-posttest design. The subjects of this research were 19 students in Class IV / A who took the Physics Learning Strategy course at the Physics Education Study Program, FKIP University of Mataram, even semester of the 2019/2020 academic year. The instrument used in this study was the observation sheet on the implementation of the LMS-based discussion method and the test of students' critical thinking skills. The results showed that: (1) the percentage of LMS-based discussion method implementation increased, from 75% to 92%, which means better learning quality, and (2) students' critical thinking skills increased from 54 to 82 with classical completeness of 5% to 89%. The average N-gain value is 60 with moderate criteria. It is concluded that the Learning Management System (LMS) based discussion method can improve students' critical thinking skills in Physics Learning Strategies lectures.
Â
Keywords: discussion; LMS; critical thinking skills.
References
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Copper, S & Patton, R. (2004). Writing Logically, Thinking Critically. New York: Pearson Longman.
Fitriana, LD., Fuad, Y, Ekawati, R. (2018). Student’s Critical Thinking in Solving Open-Ended Problems Based on Their
Personality Type. J. Phys.: Conf. Ser. 947 012007.
Fridanianti, A., Purwati, H., Murtianto, YH. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. Aksioma, Vol. 9, No. 1, 11-20.
Hake, R. (1999). Analyzing Change/ Gain Score. Indiana: Indiana University.
Hapsari S. (2016). A Descriptive Atudy of The Critical Thinking Skills of Social Science Junior High School. Journal of Education and Learning. Vol.10 (3) pp. 228-234.
Junaedi, A., dkk. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Dirjen Dikti, Kemendikbud.
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Purwanto, M., N. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramdani, Agus. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Melalui Kegiatan Lesson Study. Mataram: Mataram University Press.
Rohmatin, DN. (2012). Profil Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Tingkat IQ. Gamatika Vol. III No.1, 1-9.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.