PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP ALAT-ALAT OPTIK
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3803Keywords:
development of learning tools, guided inquiry, mastery of concepts.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas dan reliabilitas perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisual untuk meningkatkan penguasaan konsep optika geometri. Jenis penelitian digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan rancangan penelitian pengembangan modifikasi model Borg dan Gall. Subjek penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran berbasis model inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisual. Pengambilan data penelitian menggunakanlembar validasi yang dinilai oleh 4 validator ahli, terdiri dari  2 dosen pendidikan fisika dan 2  guru mata pelajaran fisika. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif dari penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran tersebut meliputi silabus, RPP, LKPD, video pembelajaran dan tes penguasaan konsep. Penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas untuk menentukan kelayakandari perangkat  pembelajaran. Data hasil validitas diperoleh nilai 3,33(silabus), 2,98 (RPP), 3,07 (LKPD), 3,08 (video pembelajaran) dan 3,00 (penguasaan konsep), sehingga rata-rata validitas perangkat pembelajaran berada pada kategori valid dengan tingkat validitas yaitu 3,09, selanjutnya yaitu uji reliabilitas, diperoleh hasil interval koefisien yaitu 0,886 (silabus), 0,808 (RPP), 0,829 (LKPD), 0,894 (video pembelajaran ) dan 0,702 (tes penguasaan konsep), sehingga rata-rata interval koefisien reliabilitas yaitu 0,823 dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulannya bahwa perangkat pembelajaran telah layak dalam arti valid dan reliable untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Â
Kata kunci : pengembangan perangkat pembelajaran; model inkuiri terbimbing; penguasaan konsep.
Â
ABSTRACT
This study aims describe the validity and reliability of the instructional guided inquiry model assisted by audiovisual media used in learning. The type research used is research development (Research and Development) with a modified development research design of the Borg and Gall model. The subject of this research is the XI IPA learning device at SMA Negeri 1 Gerung. Retrieval of research data through a validation questionnaire assessed by 4 validators, namely 2 physics lecturers and 2 physics teachers. The research data is in the form of qualitative and quantitative data from the validator's assessment of the learning tools developed. The learning tools include syllabus, lesson plans, student worksheet, video lessons and concept mastery tests. This study conducted a validity test to determine the characteristics and level of validity of the learning device. The validity data obtained were 3.33 (syllabus), 2.98 (RPP), 3.07 (LKPD), 3.08 (instructional videos) and 3.00 (concept mastery test). So that the average characteristics of learning devices are in the valid category with a validity level of 3.09, furthermore, the reliability test, the coefficient interval results obtained are 0.886 (syllabus), 0.808 (lesson plans), 0.829 (student worksheet), 0.894 (learning videos) and 0.702 (concept mastery tests). So that the average reliability coefficient interval is 0.823 with a very high category. The conclusion is that the learning device is feasible and reliable for use in learning.
 Keywords: development of learning tools; guided inquiry; mastery of concepts.References
Annam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budiarso, A. S. (2017). Analisis Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Listrik Dinamis (The Analysis Validity of Physics Learning Device Guided Inquiry Model to Improve Student Learning Outcomes S. Jurnal Edukasi, 4(2), 15–20.
Hade, L., & Aswirna, P. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Corel Video Studio Pro X 7 Pada Materi Teori Kinetik Gas. Natural Science Jurnal. 5 (1). 740–753.
Hermanto, F., Soetjipto, S., & Hidayat, M. T. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 4(2): 55-70.
Kurniawati, I. D., & Diantoro, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1), 36–46. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3049
Mulyasa, M. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Prayudi, L. M. E., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Gerung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 55. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.324
Purwanto, A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Berorientasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 5(1), 882. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p882-891
Sirait, R. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Usaha Dan Energi Kelas VIII MTs N-3 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika,1(1), 27–32. https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3377
Sudiarman., Soegimin, W,W., & Susantini, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Dan Meningkatkan Hasil Belajar Pada Topik Suhu dan Perubahannya. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 4(2), 658–671.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidika: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sumarauw, J. M., Ibrahim, M., & Prastowo, T. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi Phet Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian PendidikanA & A (Semarang), 34(1), 25–36. https://doi.org/10.15294/jpp.v34i1.10909
Trianto, T. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wahyuni, S., Kosim., & Gunawan. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 4(2). 240-246
Yeritia, S., Wahyudi., & Rahayu, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2), 181–187.
Yulianci, S., Gunawan., & Doyan, A. (2017). Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik.Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.3(2), 146-154.https://doi.org/11.16294/jpfi.v10i1.4509
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.