PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF FISIKA PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3832Keywords:
interactive media, problem based learning, creative thinking skills in physicsAbstract
ABSTRAK
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Pengembangan media yang dilakukan berupa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis model problem based learning. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis model problem based learning yang valid, efektif dan efisien untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development), dengan desain menggunakan model 4D. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap diantaranya validasi ahli, uji coba terbatas dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif berbasis model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik valid, efektif dan efisien digunakan dalam pembelajaran.
Â
Kata kunci: media interaktif; problem based learning; kemampuan berpikir kreatif fisika
Â
ABSTRACT
The development of science and technology encourages refrom effort in the utilization of the results of technology in improving the quality of learning. Media development carried out in the form learning media development based on problem based learning models. The purpose of this study is to produce interactive learning media based on problem based learning models that are valid, effective and efficient to improve students’ creative thinking skills in physics. The research method used is RnD (Research and Development), with design using the 4D model. Data collection was carried out in several stages including expert validation, limited trials and student questionnaires. The result showed tha interactive media based on problem based learning models to improve students’ creative thinking skills in physics were valid, effective and efficient to use in learning.
Â
Keywords: interactive media; problem based learning; creative thinking skills in physics
References
Elizabeth, A., Sigahitong, M., Fisika, P. P., Nipa, U. N., & No, J. K. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 67–76.
Harjono, A. (2012). Perbedaan Strategi Pembelajaran Dan Pemberian Advance Organizer Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X. Jurnal Pijar Mipa, 7(1), 13–17.
Kosasih, N., & Sumarna, D. (2014). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Rafmana, H., Chotimah, U., & Alfiandra. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Sma Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(1), 52–65.
Rohmani, Sunarno, W., & Sukarmin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan Lks Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang. Jurnal Inkuiri, 4(I), 152–162.
Sa’dun, A. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Skills, S. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. Pancasakti Science Education Journal. 2(2), 125–137.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wiyono, K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Fluida Dinamis Untuk Sma Kelas XI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2(1), 100–108.
Yuhdi, M. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.