PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI OPTIK GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3971Keywords:
macromedia flash 8, an interactive module, optical geometryAbstract
ABSTRAK
Teknologi yang berkembang semakin pesat menuntut adanya inovasi dalam dunia pendidikan demi terwujudnya pendidikan yang bermutu. Modul interaktif menjadi salah satu solusi dalam penyampaian materi di setiap pembelajaran. Hal ini dikarenakan tampilan modul yang menarik dan jelas. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap pengembangan modul interaktif berbasis macromedia flash 8 pada materi optik geometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Modul ini dilengkapi dengan animasi pendukung materi serta soal-soal latihan agar mahasiswa mampu mengasah kemampuannya setelah mempelajari modul tersebut. Subyek penelitian ini ialah mahasiswa mata kuliah Fisika Dasar III di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jember dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket respon. Hasil yang diperoleh dari penyebaran angket respon yakni 79,8% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul interaktif ini diterima dengan baik oleh mahasiswa dan dapat membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran pada materi optik geometri.
Â
Kata Kunci : macromedia flash 8; modul interaktif; optik geometri.
Â
ABSTRACT
Technology that is growing rapidly demands innovation in the world of education for the sake of a quality education. The interactive module is one of the solutions in delivering material in each lesson. This is due to the attractive and clear appearance of the module. The purpose of this study was to describe the student's response to the development of an interactive module based on macromedia flash 8 on geometric optics. This research is a development research using the ADDIE development model. This module is equipped with animation supporting material and practice questions so that students are able to hone their skills after studying the module. The subjects of this study were students of the Basic Physics subject III in the Physics Education Study Program of the University of Jember. The data collection technique used a response questionnaire to collect data. The results obtained from the distribution of response questionnaires were 79,8% with good categories. So it can be concluded that this interactive module is well received by students and can help students in the learning process on geometric optical material.
Â
Keywords : macromedia flash 8; an interactive module; optical geometry
References
Abdullah, M. 2017. Fisika Dasar II. Bandung: Institut Teknologi Bandung
Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Vol. 5 No. http://journal.uny.ac.id.
Anggereni, S. 2016. Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Macromedia Flash dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Materi Hukum Newton. Jurnal Biotek. 4(2):335
Arief. (2010). Media Pendidikan. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada.
Cattelan, R. G., Teixeira, C., Goularte, R., & Pimentel, M. D. G. . (2008). Watch-and-comment as a paradigm toward ubiquitous interactive video editing. ACM Trans. Multimedia Comput. Commun., Appl, 4(4).
Chaplin, J. P. (2004). Kamus Lengkap Psikologi, cet. Ke-9. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Doyan, A., Gunawan, & Azmi Syukroyanti. (2013). Pengembangan Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Pelajaran Fisika Alat Optik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika "Lensa". Vol.1(2).
Ika, Y. E. 2018. Penerapan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA. Scientifical Colloquia. 1(2):31.
Imansari, N. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Teori Medan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol.1(2),.
Jhon, M. E. dan H. S. (2003). Kamus Bahasa Inggris-Indonesia, cet. Ke-27. Jakarta: PT. Gramedia.
Kurniawati, Inung, D., & Sekreningsih Nita. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology. 1(2):68.
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Prss.
Marisda, D. H. & R. (2020). Model Pembelajaran Konseptual Interaktif dalam Mata Kuliah IPA Terpadu, dalam Prosiding Simposium Fisika Nasional (SFN) –XXXI Inovasi Fisika. Physical Society of Indonesia SUMUT. Medan, 21-22 September 2020.
Matsun, Handy D., & Lia Fitriyanti. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Macromedia Flash Topik Bahasan Pesawat Sederhana Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. Vol.10(1).
Mutiara, N., Andri S., & Asep S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Simulasi Komputer Menggunakan Macromedia Flash 8.0 Pada Materi Alat Optik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Untirta. Vol.2(1).
Pawicara, Ruci & Maharan,i C. 2020. Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. Alveoli:Jurnal Pendidikan Biologi. 1(1):30.
Putri, R. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Koloid Di Sma Negeri 2 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 108. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10021/
Save D. Dagun. (2005). Kamus Besar ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga Pengkajian dan Kebudayaan Nusantara.
Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Thube, S. G., & Shaligram, A. D. (2007). Effectiveness of Computer Assisted Teaching of Geometrical Optics at Undergraduate Level. Physics Education, 263–272.
Viridi, S., & Novitrian. (2014). Cahaya dan Optik: Pemantulan-Cermin dan Pembiasan-Lensa. Pelatihan Penguatan Kompetensi Guru OSN Tingkat SMP & SMA Se-Aceh Batch III, 1(4), 1–7. https://doi.org/10.13140/2.1.1383.1047
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.