PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FISIKA BERBASIS HOME MATERIAL MATERI SUHU DAN KALOR
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.4041Keywords:
physics teaching aids development, temperature and heat material.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat peraga pembelajaran berbasis home materials pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development yang dikembangkan Sugiyono dengan langkah–langkah : (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Uji Coba Pemakaian, (6) Revisi Produk, (7) Uji Coba Produk, (8) Revisi Desain, (9) Revisi Produk, (10) Produksi massal. Alat peraga yang dikembangkan akan melalui tahap validasi yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, guru pengajar, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, angket dan tes uraian. Untuk mengetahui alat peraga dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VII diuji keefektifannya menggunakan uji Gain Skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas siswa hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan alat peraga yaitu sebesar 46 dan setelah menggunakan alat peraga nilai rata-rata siswa menjadi 86 dan besar nilai n-gain diperoleh 0,74. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa alat peraga pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VII F SMPN 19 Mataram.
Â
Kata kunci : pengembangan alat peraga fisika; materi suhu dan kalor.
Â
ABSTRACT
This study aims to develop teaching aids based on home materials on temperature and heat to improve the learning creativity of grade VII students. The method used in this research is the research and development method developed by Sugiyono with the following steps: (1) Potential and Problems, (2) Data Collection, (3) Product Design, (4) Design Validation, (5) Usage Trial , (6) Product Revision, (7) Product Trial, (8) Design Revision, (9) Product Revision, (10) Mass production. The teaching aids developed will go through a validation stage carried out by material experts, media experts, teaching teachers, and students. The data were collected by means of observation, documentation, questionnaires and test descriptions. To find out that the props can improve the learning creativity of class VII students, their effectiveness is tested using the Gain Score test. The results showed that learning aids could increase students 'creativity. This was indicated by the mean score of students before using props which was 46 and after using props the students' average score was 86 and the n-gain value was 0.74. Based on the results of this study it can be concluded that the teaching aids can increase the learning creativity of class VII F students of SMPN 19 Mataram.
Â
Keywords : physics teaching aids development; temperature and heat material.
References
Alfad, Haritsah. (2010). Pengembangan Lembar Kerja Siswa. (Online), (http://haritsah.ifastnet.com/home/38/50-lks.html, diakses 19 Februari 2017).
Ali,Muhammadi, (2013). Pendidikan Kependidikan Prosedur & Strategi.Bandung : CV. Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
________. (2015). Dasar-Dasar evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azhar, Arsyad. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pers.
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran.Bandung :Satu Nusa.
Dewi, Siska. (2011).Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Berbasis Teknologi murah Materi radiasi Kalor Dan Tekanan Hidrostatik : Lampung.
Diatri, Irina Fatin. (2014). Pengembangan Alat peraga IPA Berbasis Teknologi Murah Materi Tekanan Di SMP.Bandar lampung
Jamzuri. (2007). Desain dan Pembuatan Alat Peraga IPA. Jakarta: Universitas Terbuka
Musfiqon, HM. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran.Jakarta: PT Prestasi Pustaka Publisher
Purwanto. (2002). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Richey, Rita C. & Klein. (2007). Design and Development Research. London: Lawrence Erlbaum Associates. Inc.
Riyana, Cepi. (2008). KonsepdanAplikasi Media Pembelajaran. Jakarta: Mercubuana
Sadiman, A.S., Raharjo, Dan Lain-Lain. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: Pustekom dan PT Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Santyasa, I Wayan. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Yogyakarta: Undiksha
Setyosari, Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta: Prenada Media Group
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Dan Pengembangan (research and Development/R&D. Bandung : Alfabeta
Supritpria, (2014). Percobaan Fisika Asyik: Termometer sederhana : Yogyakarta
Suyanto, Eko. (2009). Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandar lampung.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar lampung: Unila, diakses 17 Februari 2017
Triyanto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka
Uno, Hamzah B. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.