ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ECOPEDAGOGY DENGAN METODE DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Diyah Ayu Octa Nova Universitas Negeri Surabaya
  • Dwikoranto Dwikoranto Universitas Negeri Surabaya
  • Nurita Apridiana Lestari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4213

Keywords:

students' perception, online learning, ecopedagogy, environmental awareness

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini adalah studi awal untuk menganalisis persepsi siswa terhadap pembelajaran fisika berbasis ecopedagogy dengan metode daring. Pembelajaran fisika berbasis ecopedagogy dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran atau kepedulian lingkungan serta memecahkan permasalahan lingkungan berdasarkan konsep fisika. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Responden yang diperoleh pada penelitian ini sebanyak 97 orang dari kelas 10, 11, dan 12 yang bersekolah di wilayah Sidoarjo. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran fisika berbasis ecopedagogy adalah positif. Siswa tertarik dengan pembelajaran ini. Siswa juga menyatakan bahwa pembelajaran fisika berbasis ecopedagogy penting untuk dilakukan. Hal ini karena pembelajaran fisika berbasis ecopedagogy dilakukan dengan tujuan agar siswa dapat menyelesaikan berbagai permasalahan lingkungan berdasarkan konsep fisika yang dipahami. Selain itu, pembelajaran ini juga dapat menumbuhkan kesadaran atau sikap peduli lingkungan.

 

Kata kunci: persepsi siswa; pembelajaran daring; ecopedagogy; kesadaran lingkungan

 

ABSTRACT

This study is a preliminary study to analyze students' perception of ecopedagogy-based physics learning with online methods. Ecopedagogy-based physics learning is done to raise awareness or environmental concern and solve environmental problems based on the concept of physics. This research uses survey method with data collection techniques in the form of questionnaires. Respondents obtained in this research were 97 people from grades 10, 11, and 12 in the Sidoarjo. Based on the research, it can be concluded that students' perception of ecopedagogy-based physics learning is positive. Students are interested in this learning. Students also stated that ecopedagogy-based physics learning is important to do. This is because ecopedagogy-based physics learning is done with the aim that students can solve environmental problems based on the concept of physics. In addition, this learning can also raise environmental awareness.

 

Keywords: students' perception; online learning; ecopedagogy; environmental awareness

References

Agfar, A., Munandar, A., & Surakusumah, W. (2018, May). Environmental literacy based on educational background. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1013, No. 1, p. 012008). IOP Publishing.

Allo, M. D. G. (2020). Is the online learning good in the midst of Covid-19 Pandemic ? The case of EFL learners. Jurnal Sinestesia, 10(1), 1-10.

Arief, M. K., Handayani, L., & Dwijananti, P. (2012). Identifikasi kesulitan belajar fisika pada siswa RSBI : Studi kasus di RSMABI se Kota Semarang. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 1(2).

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan pemecahan masalah fisika pada siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44-50.

Chang, C. L., & Fang, M. (2020, June). E-Learning and online instructions of higher education during the 2019 novel coronavirus diseases (COVID-19) epidemic. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1574, No. 1, p. 012166). IOP Publishing.

Dewa, E., Mukin, M. U. J., & Pandango, O. (2020). Pengaruh pembelajaran daring berbantuan laboratorium virtual terhadap minat dan hasil belajar kognitif fisika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 351-359.

Febriasari, L. K., & Supriatna, N. (2017, September). Enhance environmental literacy through problem based learning. In Journal of physics: conference series (Vol. 895, No. 1, p. 012163). IOP Publishing.

Grigorov, S. K., & Fleuri, R. M. (2012). Ecopedagogy: educating for a new eco-social intercultural perspective. Visao Global, 15(1), 433-454.

Haqiqi, A. K., & Sa’adah, L. (2018). Deskripsi kesulitan belajar materi fisika pada siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Semarang. THABIEA : Journal Of Natural Science Teaching, 1(1), 39-43.

Hidayat, S. R., Setyadin, A. H., Hermawan, H., Kaniawati, I., Suhendi, E., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2017). Pengembangan instrumen tes keterampilan pemecahan masalah pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 157-166.

Khanafiyah, S., & Yulianti, D. (2013). Model problem based instruction pada mengembangkan sikap kepedulian lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 9(1), 35-42.

Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.

Napitupulu, N. (2015). Pengembangan sikap ekologis melalui pembelajaran ecophysics berbasis ecopedagogy. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 113-119.

Napitupulu, N. D., & Munandar, A. (2017, May). The effects of inquiry based ecopedagogy model on pre-service physics teachers’ motivation and achievement in environmental physics instruction. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1848, No. 1, p. 060004). AIP Publishing LLC.

Napitupulu, N. D., Munandar, A., Redjeki, S., & Tjahyono, B. (2019, February). Interaction of students motivation and ecological phenomena toward learning outcomes using problem-based ecopedagogy. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 2, p. 022045). IOP Publishing 6596/1157/2/022045.

Napsawati, N. (2020). Analisis situasi pembelajaran IPA Fisika dengan metode daring di tengah wabah covid-19. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 6-12.

Okur-Berberoglu, E. (2017). Ecological dynamics model and ecopedagogy-based outdoor experiential education. International Electronic Journal of Environmental Education, 7(2), 134-151.

Purwanto, A., Ichsan, I. Z., Gomes, P. W. P., Rahman, M. M., & Irwandani. (2020). Esbor during covid-19: Analysis students attitude for develop 21st century environmental learning. Journal of Sustainability Science and Management, 15(7), 20-29.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 214-224.

Samudra, G., Suastra, M., & Suma, M. (2014). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa SMA di Kota Singaraja dalam mempelajari fisika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Sukma, E., Ramadhan, S., & Indriyani, V. (2020, March). Integration of environmental education in elementary schools. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1481, No. 1, p. 012136). IOP Publishing.

Suryanti, D., Sinaga, P., & Surakusumah, W. (2018, February). Improvement of students’ environmental literacy by using integrated science teaching materials. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 306, No. 1, p. 012031). IOP Publishing.

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1-12.

Yalmanci, S.G, & Gözüm, A. I. C. (2019). The study of whether receiving a pre-school education is a predictive factor in the attitudes of high school students toward the environment according to their environmental ethics approach. International Electronic Journal of Environmental Education, 9(1), 18-32.

Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis Dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 27-34.

Downloads

Published

2021-05-05

Issue

Section

Articles