PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 LABUAPI

Authors

  • Nurlaela Nurlaela Universitas Mataram
  • Aris Doyan Universitas Mataram
  • I Wayan Gunada Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4363

Keywords:

quantum teaching, creative thinking skill, physics learning result

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA SMAN 2 Labuapi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain post test only control group design. Populasi terdiri dari seluruh peserta didik kelas XI SMAN 2 Labuapi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, dengan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kovensional. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji manova, hasilnya menunjukkan nilai  dengan sig yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA SMAN 2 Labuapi.

                                                    

Kata kunci: quantum teaching; kemampuan berpikir kreatif; hasil belajar

 

ABSTRACT

The aim of this research is to know the effect of quantum teaching learning model toward the creative thinking skill and physics learning result. The type of research used was experimental with post test only control group design. The population was all student of grade XI in senior high school 2 of  Labuapi. The sampling technique used saturation sampling, while the sample are class XI MIA 1 as the experimental  class and the XI MIA 2 as control class. Experimental class was treated with quantum teaching learning model and control class was treated with conventional learning model. The research hypothesis was tested using manova-test, analysis shows that  with sig < 0,05 which mean that H0 was rejected and Ha accepted. Thus, it can be concluded that there are effect of the quantum teaching learning model on student’s creative thinking skill and physics learning results of class XI MIA SMAN 2 Labuapi.

 

Keywords: quantum teaching; creative thinking skill; physics learning result

Author Biography

Nurlaela Nurlaela, Universitas Mataram


References

DAFTAR RUJUKAN

Arnyana, I. B. (2006). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 3(6), 496-515.

Doyan, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kuantum pada Matakuliah Fisika Kuantum Ditinjau dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 1-8.

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hikmawati. (2013). Kajian Fisika SMA. MataramFKIP Press.

Khaeruman, & Nurhidayati, S. (2016). Trik-Trik Mengajar. Mataram: LPP Mandala.

Mohiddin, D. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Kemampuan Berpikir Matematis Terhadap Hail Belajar Siswa. Jtech, 4(2), 90-93.

Nisa, K., & Wasis. (2013). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Listrik Dinamis Kelas X di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3), 143-146.

Purnamaningrum, A., Dwiastuti, S., Probosari, R. M., & Noviawati. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(3), 39-51.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang: Prenadamedia Group.

Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 156-168.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, Y. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 41-51.

Downloads

Published

2021-05-21

Issue

Section

Articles