TINJAUAN LITERATUR PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) FISIKA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4436Keywords:
development assessment instrument, high order thinking skill, physics, senior high school.Abstract
ABSTRAK
Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) merupakan kemampuan peserta didik dalam menginterpretasikan pengetahuannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan melalui proses analisis, evaluasi hingga menciptakan ide dari permasalahan yang di sajikan. Kajian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) Fisika di SMA. Penelitian review ini menggunakan metode bibliometrik dan pendekatan kualitatif dalam mengkaji jurnal pada tahun 2016-2020. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa pengembangan instrumen HOTS dilakukan berdasarkan pada tuntutan dari abad ke-21 dan hasil survey yang dilakukan oleh PISA dan TIMMS. Salah satu bentuk penilaian yang dikembangkan adalah soal tes dengan tipe instrumen pilihan ganda, pilihan ganda beralasan dan uraian. Soal tes yang dikembangkan memperhatikan ciri-ciri HOTS seperti memperhatikan indikator-indikator HOTS, KKO, permasalahan fisika dan stimulus, serta taksonomi bloom. Materi yang banyak dikembangkan yaitu suhu dan kalor, getaran harmonis, fluida statis dan dinamis. Metode yang sering digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah metode R&D dari Brog and Gall, metode 4D, metode deskriptif kualitatif, dan metode ADDIE. Instrumen HOTS dilakukan proses uji dan analisis kelayakan diantaranya yaitu uji kevalidan dari validator, uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya beda, analisis model Rasch, analisis dengan formula Alpha Cronbach dan uji pengecoh soal.
Â
Kata kunci: pengembangan instrument penilaian; kemampuan berpikir tingkat tinggi; Fisika; SMA.
Â
ABSTRACT
High Order Thinking Skill (HOTS) is ability of students to interpret their knowledge in solving problems through process of analysis, evaluation to create ideas from the problems presented. This study aims to identify the development of HOTS assessment instruments for high school physics. This review research uses bibliometric method and qualitative approach to reviewing journals in 2016-2020. Based on the results of the analysis, it shows that the development HOTS instrument based on the demands of the 21st century and the survey results by PISA and TIMMS. The type of assessment instrument that developed is test item with multiple choice, reasoning multiple choice, and essay. To developed test questions must regard to HOTS characteristics such as HOTS indicators, KKO, physics problems, stimulation, and bloom taxonomy. The most materials that developed are temperature and heat, harmonic vibration, static and dynamic fluids. The methods that often used is R & D method from Brog and Gall, 4D stage, qualitative descriptive and ADDIE. HOTS instrument will be test process and feasibility analysis including expert validation, validity,reliability, difficulty level, item discrimination analysis, Rasch model analysis, Cronbach Alpha formula analysis and item distractor analysis.
Â
Keywords: development assessment instrument; high order thinking skill; physics; senior high school.
References
Afriani, E., Tiur Maria, H. S., & Oktavianty, E. (2019). Pengembangan Tes Higher Order Thinking Skills (Hots) Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan Untuk Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–12.
Agusta, S., Sitompul, S. S., & Arsyid, S. B. (2019). Pengembangan Tes Higher Order Thinking Skill ( Hots ) Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk Sma Artikel Penelitian Oleh : Pengembangan Tes Higher Order Thinking Skill ( Hots ) Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 08(10). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/36254
Agustihana, S., & Suparno, S. (2019). Development of HOTS Oriented Cognitive Problems in Thermodynamics for Senior High Schools. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/3075
Akhsan, H., Wiyono, K., Novianti, R., Melvany, N. E., & Ariska, M. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Fluida dan Getaran Harmonis. Jurnal Inovasi Pendidikan, 09(02), 33–40. http://sij-inovpend.ejournal.unsri.ac.id/index.php/sij-inovpend/article/view/49
Ariansyah, Sitompul, S. S., & Arsyid, S. B. (2019). Analisis kemampuan menyelesaikan soal HOTS fisika materi getaran harmonis di SMA Kristen Immanuel Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 08(06).
Ayumniyya, L., & Setyarsih, W. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Hukum Newton. IPF : Inovasi Pendidika Fisika, 10(1), 50–58.
Daulay, J., & Sabani. (2019). Pengembangan Instrumen Bebasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X Sma Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat T.P 2018/ 2019. digilib.unimed.ac.id. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39549
Desilva, D., Sakti, I., & Medriati, R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Fisika Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. Jurnal Kumparan Fisika, 03(01), 41–50. https://core.ac.uk/download/pdf/327105420.pdf
Elyana, Yennita, & Fakhruddin, F. (2016). Analysis Higher Order Thinking Skills ( Hots ) Student Man 2 Model Pekanbaru in Problem Solving of Physic National Exam. 1–9.
Erfianti, L., Istiyono, E., & Kuswanto, H. (2019). Developing Lup Instrument Test to Measure Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bloomian for Senior High School Students. International Journal of Educational Research Review, 320–329. https://doi.org/10.24331/ijere.573863
Hidayah, N., Silitonga, H. T. M., & Mahmuda, D. (2018). Pengembangan Tes Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Materi Getaran Harmonis Untuk SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 07(07). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/26464
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2019a). Hasil PISA Indonesia 2018 : Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2019b). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Fisika.
Kistiono, K. (2019). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika SMA. In Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/267823073.pdf
Kurniawan, E. S., Mundilarto, M., & Istiyono, E. (2020). Synectic HOTS oriented: Development of teaching materials for high school physics learning. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 5547–5554. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081158
Kusuma, M. D., Rosidin, U., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill (Hots) Instrument Assessment In Physics Study. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 26–32. https://doi.org/10.9790/7388-0701052632
Liana, N., Suana, W., Sesunan, F., & Abdurrahman. (2018). Pengembangan soal tes berpikir tingkat tinggi materi fluida untuk SMA. Journal of Komodo Science Education, 01(01), 66–78. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12227
Marwan, M., Khaeruddin, K., & Amin, B. D. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Bidang Studi Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 02, 116–119. https://ojs.unm.ac.id/semnasfisika/article/view/14365
Najihah, A. R., Serevina, V., & Delina, M. (2018). The Development of High Order Thinking Skills (HOTS) Assessment Instrument for Temperature and Heat Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.21009/1.04103
Nisa, S. K., & Wasis. (2018). Analisis dan Pengembangan Soal High Order Thinking Skills (HOTS) Mata Pelajaran Fisika Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Inovasi Pendidikan Fisika. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/24140
Pendidikan, P. P. (2019). Panduan Penilaian Tertulis.
Purwanto, N. (2006). Prinsipprinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.
Ramadhan, S., Mardapi, D., Prasetyo, Z. K., Ramadhan, S., Mardapi, D., Prasetyo, Z. K., & Utomo, H. B. (2019). The Development of an Instrument to Measure the Higher Order Thinking Skill in Physics. European Journal of Educational Research, 08(03), 743–751. https://eric.ed.gov/?id=EJ1222277
Rohmah, U. A., & Sunarti, T. (2020). Profil Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik SMA Pada Materi Kalor. 09(03), 466–472.
Sains, K. (2019). Menilik Kualitas Pendidikan Indonesia Menurut PISA 3 Periode Terakhir. https://kumparan.com/kumparansains/menilik-kualitas-pendidikan-indonesia-menurut-pisa-3-periode-terakhir-1sO0SlXNroC
Sari, D. R. U., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Multiple Choice High Order Thinking Padapembelajaran Fisika Berbasis E-Learning Di Sma. In Jurnal Pembelajaran Fisika. jurnal.unej.ac.id. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/download/7231/5231
Serevina, V., Sari, Y. P., & Maynastiti, D. (2019). Developing high order thinking skills (HOTS) assessment instrument for fluid static at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012034
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Sidiq, M. (2019). Panduan Analisis Bibliometrik Sederhana. June. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.15688.37125
Siswoyo, S., & Sunaryo, S. (2017). High Order Thinking Skills: Analisis Soal dan Implementasinya dalam Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 03(01). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpppf/article/view/2498
Sulaeman, N. F., Komariyah, L., & Yani, S. F. (2013). Analysis of High School Students ’ Misconception in. 210–216.
Supahar&Saputro, B. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Untuk Mengukur Pencapaian Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Kelas XI Materi Optika. E-Journal Pendidikan Fisika, 7, 1–6.
Widyastuti, E. (2017). Effect Of Authentical Assessment And High Order Thinking Skill (Hots) Against Troubleshooting Physical Problems (An Experiment in The Students of SMA Negeri 2 Depok City). Jurnal Evaluasi Pendidikan, 08(02), 109–116. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jep/article/view/7114
Yuliantaningrum, L., & Sunarti, T. (2020). Pengembangan Instrumen Soal Hots Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Dan Pemecahan Masalah Materi Gerak Lurus Pada Peserta Didik SMA. Inovasi Pendidikan Fisika (IPF), 09(02), 76–82. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/33368
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.