PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN LAB VIRTUAL TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA

Authors

  • Putu Widiarini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Wina Yasa Pramadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putu Mardana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4649

Keywords:

creativity, electronic, project based learning, virtual lab

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dalam bentuk one case study. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan kreativitas mahasiswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran berbasis proyek berbantuan lab virtual. Laboratorium virtual yang dimaksud menggunakan aplikasi Tinkercad yang menyediakan berbagai piranti elektronik untuk praktikum elektronika. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 15 orang mahasiswa semester V program studi pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha tahun akademik 2020/2021 pada mata kuliah praktikum elektronika. Data dianalisis secara deskriptif dan uji-t dengan bantuan SPSS. Penelitian dilakukan selama 8 minggu yaitu tahap pertama adalah sebelum perlakuan selama 2 minggu, kemudian tahap kedua setelah perlakuan selama 6 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas mahasiswa yang signifikan antara sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Terdapat empat dimensi kreativitas yang dianalisis yaitu kelancaran, fleksibilitas, keaslian, dan elaborasi. Rerata kreativitas mahasiswa sebelum perlakuan sebesar 59,87 dengan kategori sedang, sedangkan setelah perlakuan sebesar 79,07 dengan kategori tinggi.

 

Kata kunci: elektronika, kreativitas; pembelajaran berbasis proyek; lab virtual

 

ABSTRACT

This research is a pre-experimental study in the form of a one case study. The purpose of this study was to analyze the differences in student creativity before and after being given treatment. The treatment was project-based learning model assisted by virtual lab. The virtual laboratory used the Tinkercad application which provides various electronic devices for electronics practicum. The population and sample of this study were 15 fifth semester students of the Physics education study program, FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha in the academic year 2020/2021 in the electronics practicum course. Data were analyzed descriptively and t-test by using SPSS. The research was conducted for 8 weeks, namely the first stage was before treatment for 2 weeks, then the second stage after treatment for 6 weeks. The results showed that there were significant differences in student creativity between before and after being given treatment. There are four dimensions of creativity that are analyzed, namely fluency, flexibility, originality, and elaboration. The mean creativity of students before treatment was 59.87 in the medium category, while after treatment was 79.07 in the high category.

 

Keywords: creativity; electronic; project based learning; virtual lab

Author Biography

Putu Widiarini, Universitas Pendidikan Ganesha


References

Abidin, Y. (2016). Desain Model Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., & Bloom, B. S. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: a revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Longman.

Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., & Herayanti, L. (2017). Virtual Laboratory of Electricity Concept to Improve Prospective Physics Teachers’ Creativity. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(2), 102–111. https://doi.org/10.15294/jpfi.v13i2.9234

Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., Herayanti, L., Suranti, N. M. Y., & Yahya, F. (2019). Using Virtual Laboratory to Improve Pre-service Physics Teachers’ Creativity and Problem-Solving Skills on Thermodynamics Concept. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/5/052038

Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., Nisrina, N., Herayanti, L., & Rahmatiah, R. (2018). The effect of virtual lab and gender toward students’ creativity of physics in senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012043

Gunawan, Gunawan, Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. (2017). The Effect of Project Based Learning with Virtual Media Assistance on Student’s Creativity in Physics. Cakrawala Pendidikan, 2.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 97–102. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.242

Islahudin, I., & Isnaini, M. (2019). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis Software Electronics Workbench (Ewb) Untuk Menunjang Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar I. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(2), 96. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1394

Islahudin, I., Khaerani, S., & Zulkarnain, Z. (2018). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis EWB (Electronics Workbench) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Ipa Kelas Xii Ipa Ma Nw Darussalimin Sengkol, Batukliang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v4i2.576

Kemdikbud. (2014). Materi pelatihan Guru Implementasi kurikulum 2013 Tahun 2014: Mata Pelajaran Sejarah SMA/SMA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kerlinger, F. . (2002). Asas-Asas Penelitian Behavioral. Alih Bahasa oleh Landung R Sumatupang.

Munandar, U. (2009). Kreatifitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Gramedia Pustaka Utama.

Nana, N. (2020). Penerapan Eksperimen Virtual Phet Terhadap Model Pembelajaran Poe2We Pada Tumbukan Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 17–27. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10912

Santyasa, I. W., Rapi, N. K., & Sara, I. W. W. (2020). Project based learning and academic procrastination of students in learning physics. International Journal of Instruction, 13(1), 489–508. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13132a

Siti, Z. A., Purwanto, P., & Agus, F. C. W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Listrik Dinamis Berbasis Web Berorientasi Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika., 4(2), 182–189. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jipf.v4i2.4523

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project Based Learning. California: The Autodesk Foundation.

Yasin, R. M., Mustapha, R., & Zaharim, A. (2009). Promoting Creativity through Problem Oriented Project Based Learning in Engineering Education at Malaysian Polytechnics: Issues and Challenges. 253–258.

Zhou, J., & Shalley, C. E. (2008). Handbook of Organizational Creativity. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Downloads

Published

2021-05-21

Issue

Section

Articles