PENGEMBANGAN RUMFIS (RUMUS FISIKA) BERBASIS PROGRAM MATLAB PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 2 LABUAPI KELAS VII TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v4i1.469Keywords:
Pengembangan RUMFIS, Program Matlab, Motivasi BelajarAbstract
Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi pengunaan jenis media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, permasalahan yang muncul adalah bagaimana seorang guru mampu menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga motivasi belajar siswa meningkat melalui pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran mempunyai peranan yang sama pentingnya dengan faktor-faktor pendidikan yang lain, namun kurang diperhatikan oleh guru. Padahal kehadiran media dalam pembelajaran juga memberikan dampak positif bagi pengajaran dalam penyajian informasi yang akan diberikan terhadap siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengembangan RUMFIS berbasis program Matlab pada materi Suhu dan Kalor khususnya pada cakupan materi singkat serta rumusnya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Labuapi kelas VII tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode
R&D (Reserch and Development). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Labuapi yang terdiri dari 1 kelas dan berjumlah 20 orang. Model pengembangan yang digunakan adalah Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa RUMFIS berbasis program Matlab. Data diperoleh melalui angket. Teknik analisis data
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengukur motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa RUMFIS berbasis program Matlab pada materi Suhu dan Kalor dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan pada peresentase motivasi sebelum menggunakan media RUMFIS sebesar 51% dan mengalami peningkatan menjadi 72 % setelah menggunakan media RUMFIS dengan gain sebesar 0,43 dalam kategori sedang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.