PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FISIKA MODEL GUIDE INQUIRY BERBASIS COMPUTERIZED EXPERIMENT TOOL (CET) UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER ILMIAH SISWA

Authors

  • Johri Sabaryati Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ni Wayan Sri Darmayanti Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/orbita.v4i1.497

Keywords:

Modul, Guided Inquiry, CET, Karakter Ilmiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan modul praktikum model guided inquiry berbasis computerized experiment tool (CET) untuk pembentukan karakter ilmiah siswa layak digunakan. (2) Mengetahui kualitas modul praktikum model guided inquiry berbasis computerized experiment tool (CET) untuk pembentukan karakter ilmiah siswa. Secara umum peneltian ini melalui 3 tahap utama,yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) dan pembuatan dan pengembangan produk, (3) evaluasi. Tahapan
pertama dan kedua telah dilakukan, sedangkan tahap ketiga yang berupa kegiatan evaluasi sampai saat ini sudah dilakukan kegiatan validasi ahli dan penilaian pendidik. Kemudian juga telah dilakukan uji coba terbatas di MA Nurul Haramain Narmada. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan, maka dapat disimpulkan sementara sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil validasi ahli dan penilaian pendidik dapat disimpulkan bahwa produk modul praktikum model guided inquiry berbasis computerized experiment tool (CET) yang telah dikembangkan telah layak untuk digunakan. (2) Berdasarkan hasil uji coba terbatas diketahui bahwa produk hasil pengembangan dapat meningkatkan karakter tanggung jawab, kreatif dan teliti. Karakter yang paling tinggi peningkatannya
adalah karakter tanggung jawab.

Downloads

Published

2018-09-18

Issue

Section

Articles