PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5173Keywords:
role playing learning model, video media, cognitive learning outcomes.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing berbantuan media video terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi bunyi. Penelitian dilaksanakan di SD Swasta Torsina III Singkawang. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental, dalam bentuk Nonequivalent Pre-test and Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Torsina III Singkawang. Sampel diambil menggunakan teknik non probability dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes objektif materi bunyi dan teknik non tes berupa angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara siswa yang diterapkan model pembelajaran role playing berbantuan media video dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran langsung; (2) Penggunaan model pembelelajaran role playing berbantuan media video berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar kognitif siswa; (3) Respon siswa positif terhadap model pembelajaran role playing berbantuan media video pada kategori baik.
Â
Kata kunci: model pembelajaran role playing; media video; hasil belajar kognitif.
Â
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of the video media-assisted Role Playing learning model on students' cognitive learning outcomes on sound material. The research was conducted at Torsina III Private Elementary School, Singkawang. The type of research is quantitative research with quasi-experimental method, in the form of Nonequivalent Pre-test and Post-test Control Group Design. The population in this study were all fourth grade students of SD Torsina III Singkawang. Samples were taken using a non-probability technique with saturated sampling type. The data collection technique used a test technique in the form of an objective test of sound material and a non-test technique in the form of a response questionnaire. The results showed that: (1) there were differences in cognitive domain learning outcomes between students who applied the role playing learning model assisted by video media and students who received direct learning; (2) The use of role playing learning models assisted by video media has a high effect on students' cognitive learning outcomes; (3) Positive student responses to the video-assisted role playing learning model in the good category.
Â
Keywords: role playing learning model; video media; cognitive learning outcomes.
References
Adriana, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Role Playing Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Makhluk Hidup dan Lingkungan Kelas IV SD Inpres Dekai Kabupaten Yahukimo. Ilmu Pendidikan, 4(1).
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen, Revisi Taksonomi Bloom. Pustaka Pelajar.
Ardi. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Tipe Role Playing Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Makhluk Hidup Dan Lingkungan Kelas IV SD Inpres Dekai Kabupaten Yahukimo. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 4.
Aris, S. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 13. Ar-Ruzz Media.
Azhar, A. (2013). Media Pembelajaran. Raja Gratindo Persada.
Darmojo, H., & Kaligis, J. R. F. (2002). Pendidikan IPA II. Depdikbud.
Hamzah. (2014). Kperencanaan dan Strategi Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Hidayati. (2002). Pendidikan Ilmu Pengetahuan di Sekolah Dasar. FIP UNY.
Imas, K., & Berlin, S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Pfofesionalitas Guru. Kata Pena.
Juminten, B., & Siregar, T. (2019). Metode Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Pada Materi Pertumbuhan Makhluk Hidup. UNCEN. Ilmu Pendidikan Indonesia, 7(2).
Kurniasih. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.
Linda, N., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Pengguan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. 3(2).
Mariana, Alit, I. M., & Wandi, P. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sutikno. (2014). Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Holistica.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.