RESPON SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN POE DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5508Keywords:
Student responses, Predict, Observe, Explain learning models, science learning.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) dalam pembelajaran IPA di SD. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Ushuluddin Singkawang dan Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 28 siswa. Instrumen untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan persentase, untuk mengetahui respon positif siswa terhadap model pembelajaran POE dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat Respon siswa positif terhadap model pembelajaran POE diperoleh dari hasil persentase tiap indikator respon siswa, Untuk indikator relevansi terdapat persentase 81% dengan kriteria sangat baik, indikator perhatian terdapat 85% dengan kriteria sangat baik, indikator kepuasan terdapat persentase 87% dengan kriteria sangat baik, dan indikator percaya diri terdapat persentase 86% dengan kriteria sangat baik.
Â
Kata kunci: Respon siswa; model pembelajaran Predict; Observe; Explain; pembelajaran IPA.
Â
ABSTRACT
This study aims to describe student responses to the use of the POE (Predict, Observe, Explain) learning model in science learning in elementary schools. This research was conducted at MIS Ushuluddin Singkawang and the subjects in this study were 28 students of class V. The instrument for collecting data in this study was a student response questionnaire. The data analysis technique used quantitative descriptive methods with percentages, to determine the positive response of students to the POE learning model in science learning. The results showed that: There was a positive student response to the POE learning model obtained from the results of the percentage of each student response indicator, for relevance indicators there was a percentage of 81% with very good criteria, 85% attention indicators with very good criteria, satisfaction indicators with a percentage of 87% with very good criteria, and the confidence indicator there is a percentage of 86% with very good criteria.
Â
Keywords: Student responses; Predict; Observe; Explain learning models; science learning.
References
Andriani, R., Muhali, M., & Dewi, C. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Berorientasi Chemoentrepreneurship Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(2), 94. https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i2.1649
Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 95–104. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950
Effendi &, & Tukiran. (2012). Metode Penelitian Survei. LP3ES.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.
Hidayati & Muhammad. (2013). Respon Guru dan Siswa terhadap Pembelajaran Permainan Bolavoli yang dilakukan dengan Pendekatan Modifikasi (Pada Siswa Kelas V SDN Wateswinagun I Lamongan). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1 (1).
Juniari, N. K., Kusmariyatni, N. N., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Poe Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ghanesha, 9(5), 1–12.
Mariana, I. M. A., & Praginda, W. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).
Muliyani, R. (2015). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT_OBSERVE-EXPLAIN (POE) BERBANTUAN REFUTATION TEXT TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENURUNAN KUANTITAS MISKONSEPSI SISWA SMP PADA MATERI FLUIDA STATIS.
Nugraha, D. A., Dimas, A., Cari, C., Suparmi, A., & Sunarno, W. (2019). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Pemahaman Konsep. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 4, 174. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v4i0.37768
Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Riduwan. (2009). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.
Siswa, K., Materi, P., & Newton, H. (2017). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN POE ( PREDICT OBSERVE EXPLAIN ) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON Haris Rosdianto , Eka Murdani , Hendra Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan email : hendraeend641@gmail.com THE IMPLE. 6(1), 55–58.
Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2015b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
Widiawati, N. P., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD di gugus II kecamatan banjar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 12–14. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5847
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.