PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CUPs TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PELAJARAN IPA DI SD
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5717Keywords:
CUPs Learning Models, The Ability To Understand Concepts.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran (Conceptual Understanding Prosedures) CUPs terhadap pemahaman konsep siswa pada materi panas dan perpindahannya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 82 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode quasi experimental design (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent pre-test and post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 82 Singkawang. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang terpilih menjadi kelas eksperimen kelas VA yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CUPs dan VB kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model CUPs terhadap pemahaman konsep siswa pada materi panas dan perpindahannya diperoleh thitung > ttabel  yaitu 3,4195 > 2,01006 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran CUPs sebesar 0,76 pada kategori tinggi. (3) Respon siswa tergolong sangat baik terhadap model pembelajaran CUPs.
Â
Kata kunci: Model Pembelajaran CUPs; Kemampuan Pemahaman Konsep
Â
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of applying the CUPs learning model (Conceptual Understanding Procedures) on students' conceptual understanding of heat and its transference. This research was conducted at SDN 82 Singkawang. The type of research used is quantitative with a quasi-experimental design method (quasi-experimental). The research design used was a non-equivalent pre-test and post-test control group design. The population in this study were all fifth grade students at SDN 82 Singkawang. The sample was taken using purposive sampling technique, the sample was selected to be the experimental class VA class, namely the experimental class using the CUPs learning model and the control class VB using the direct learning model. The results of the study can be concluded that: (1) There is an effect of the CUPs model on students' understanding of the concept of heat and its transfer, it is obtained that t_count>t_table is 3.4195>2.01006 then H_a is accepted and H_o is rejected. (2) There is an increase in students' conceptual understanding after the application of the CUPs learning model of 0.76 in the high category. (3) Students' responses are classified as very good towards the CUPs learning model.
Â
Keywords: CUPs Learning Models; The Ability To Understand Concepts.
References
Desliani, A. 2013. “Penerapan Model Children Learning in Scince (CLIS) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA.â€
Anggraeni, D. 2011. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Sekaran 01 Semarang.†Pendidikan Dasar 1.
Dede Salim Hadi, DKK. 2018. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA.†Cakrawala Pendasa 4.
Dkk, Utami. 2015. “Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Dalam Pembentukan Konsep Fisika Siswa SMA Di Kabupaten Jember.†Artikel IlMIAH Mahasiswa.
Faury, Hidayati. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis.†Pendidikan Fisika Program Pascasarjana UNIMED.
Ismawati. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Curiosty Dan Pemahaman Konsep Siswa.†Pendidikan Fisika Indonesia 10 (1).
Permendiknas. 2006. Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.
Rahma, Yeni Wery. 2018. “Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Menggunakan Model Quantum Teaching Di Kelas 5 Sekolah Dasar.†PGSD FKIP Universitas Jambi.
Rizkianingsih. 2012. “Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Inquiri Pada Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya Kelas VIII MTS.†UNNES Physics Educationd Journal 2 (3).
Rusmianto, Dhony. 2012. “Meningkatkan Keterampilan Menyimpulkan Melalui Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA.†PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret.
Safitri. 2020. “Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTS.†Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika 4 (1).
Siregar. 2016. “The Effectivitass Of Model Learning CUPs: Impact On The Higher Order Thinking Students at Madrasah Aliyah Mathala’ul Anwar Gistting Lampung.†Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 5 (2).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhendi. 2014. “Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Profile Miskonsepsi Siswa Berdasarkan Hasil Diagnosis Menggunakan Pembelajaran ECIRR Berbantuan Simulasi Virtual Dengan Instrumen Tritiertes.†Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Prosiding Matematis and Science Forum.
Suryanti. 2017. “Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Kelas VII SMPN 7 Kuntodarusalam.†Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau.
Yani, Yanti. 2013. “Pembelajaran Kooperatif Fair Check Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Dan Bangun Datar Siswa Kelas 4 Gugus 4 Semarapura.†Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.